Kamis, 27 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Aplikasi Sister Mo’ela Dapat Pujian dari Sekda Darda Daraba

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo , pada Selasa, 7 Desember 2021 | 12:05 PM Tag: ,
  Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba saat membuka kegiatan Bimtek penggunaan aplikasi Sister Mo’ela dan sosialisasi optimalisasi rumah kompetensi PNS di lingkungan Pemprov Gorontalo, yang berlangsung di Aula Badan Diklat Provinsi Gorontalo, Senin (06/12/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Gorontalo Darda Daraba, menghadiri dan membuka kegiatan bimbingan teknis penggunaan aplikasi Sister Mo’ela dan sosialisasi optimalisasi rumah kompetensi PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo, yang berlangsung di Aula Badan Diklat Provinsi Gorontalo, Senin (06/12/2021). 

Dalam kesempatan tersebut Sekdaprov memberikan pujian terhadap Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Gorontalo, yang telah menciptakan inovasi dalam mendukung kinerja pemerintah dengan adanya Sistem Informasi Terintegrasi Monitoring, Evaluasi, dan Pelaporan (Sister Mo’ela). 

“Terima kasih kepada Badan Diklat yang sudah selangkah lebih maju dan telah menciptakan reformer dalam menggagas sebuah inovasi berupa Sister Mo’ela ini. Semoga bisa menjadi solusi seluruh masalah dalam pengelolaan keuangan hingga pelaporan serta pengembangan kompetensi aparatur di Organisasi Perangkat Daerah,”Ungkap Darda Daraba. 

Sister Mo’ela sendiri merupakan terobosan untuk memaksimalkan seluruh pengelolaan anggaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi sampai dengan pelaporan. Hal ini di latar belakangi oleh kesulitan yang dialami oleh Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) ketika akan memotret pencapaian realisasi program kegiatan. Meskipun sebelumnya sudah ada aplikasi E – Monev, tetapi PPTK sendiri saat ini masih melaporkan secara manual. 

Adapun sister Mo’ela ini digagas Nuraini Abdullah melalui Aksi Perubahan pada Pelatihan Kepemimpinan Pengawas yang dilaksanakan oleh Badan Diklat Provinsi Gorontalo. 

Pada kesempatan yang sama, Sekdaprov juga mengapresiasi upaya Badan Diklat Provinsi Gorontalo dalam meningkatkan kemampuan setiap unsur penyelenggara mulai dari manajemen, pelaksana dan fasilitator yang memanfaatkan teknologi informasi. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan Pengoptimalan Rumah Kompetensi (Ruko). 

Bimtek sekaligus sosialisasi tersebut diharapkan dapat diikuti dengan baik oleh seluruh stakeholder terkait, sehingga menjadi bekal untuk mendesain sendiri rencana kebutuhan dan kompetensi yang akan dilakukan di tahun – tahun selanjutnya. 

“Saya sampaikan bahwa diklat itu adalah pusatnya kompetensi sumber daya manusia, jadi bimtek dan sosialisasi ini jangan dipandang sebelah mata dan diikuti sebaik – baiknya. Sehingga keluar dari kegiatan ini bukan saja orang yang dididik tetapi menjadi personil yang perfect. Itulah semua tenaga – tenaga yang siap memimpin bangsa dan negara kedepan ini,” tandas Darda Daraba. (***) 

 

Penulis: Zulkifli Polimengo

(Visited 19 times, 1 visits today)

Komentar