Sabtu, 2 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Aroma Parfum dapat Timbulkan Reaksi Alergi

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Jumat, 2 September 2016 | 11:47 Tag: , ,
  

Hargo.co.id – Meski sudah berpakaian apik, tapi tidak pakai wewangian, rasanya kurang. Parfum menjadi item penting penunjang penampilan.

Bukan cuma untuk orang dewasa, parfum juga diproduksi untuk anak-anak. Pilihan aroma serta kemasannya didesain cutedengan berbagai karakter atau tokoh kartun seperti SpongeBob atau Hello Kitty. ”Biasanya anak memilih parfum karena melihat keunikan dari botolnya. Bisa juga karena fanatik dengan tokoh kartun tertentu yang dijadikan kemasan,” kata Galuh Dian, store manager C&F Perfumery Tunjungan Plaza.

Ada dua tipe parfum yang bisa digunakan untuk anak, eau de toilette dan eau de cologne.Untuk varian aroma, parfum anak identik dengan harum yang segar. ”Biasanya yang dipakai adalah aroma buah-buahan, vanila, cokelat, dan bunga,” kata Galuh. Kandungan yang terdapat pada parfum anak berbeda dengan parfum dewasa. Kulit anak cenderung sensitif sehingga pemakaian parfum tanpa alkohol sangat disarankan.

Hal tersebut bertujuan menghindari iritasi dan rasa perih di kulit. ”Lebih aman lagi disemprotkan ke baju saja. Bisa juga disemprotkan di tangan orang tuanya dulu, baru digosokkan di baju si anak,” jelasnya. Parfum yang beredar umumnya mengandung 78–95 persen etil alkohol yang dicampurkan pada minyak esensial. Minyak esensial itu bisa alami atau buatan.

Parfum anak-anak biasanya memiliki kadar alkohol rendah atau bahkan nonalkohol. ”Tapi, parfum anak tetap mengandung minyak esensial, phtalate, dan gliserin yang sering menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang,” ujar dr Ni Putu Susari Widianingsih SpKK, spesialis kulit dan kelamin RS Husada Utama.

Dia menambahkan bahwa parfum merupakan faktor pencetus bagi 75 persen penderita asma. ”Orang tua wajib memiliki pengetahuan bahwa kulit anak-anak memiliki kecenderungan untuk menyerap bahan kimia lebih tinggi daripada kulit orang dewasa,” ujar Putu. Jika terpapar kulit dalam jumlah yang banyak, parfum dapat mengakibatkan reaksi alergi.

Sybill, ibunda Callia Eleanor, menceritakan bahwa putrinya memilih parfum karena desain lucu botolnya. ”Dia suka kalau ada karakternya seperti ini,” ucap Sybill. Callia sudah memiliki beberapa botol parfum di rumah. ”Supaya aman, biasanya aku tutup mata Callia dulu saat menyemprotkan parfum,” tuturnya. (esa/lyn/c10/jan/hargo)

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar