ramadan2024

Arti Kemerdekaan Bagi Generasi Muda

×

Arti Kemerdekaan Bagi Generasi Muda

Sebarkan artikel ini
Zein Kaawoan

Hargo.co.id – Arti kemerdekaan, bagi Zein Kaawoan adalah apa yang sudah diberikan kepada tanah air tercinta. Menurutnya, saat ini banyak generasi muda yang terlalu terlena akan kesenangan dan kenikmatan material saat ini. Sementara di sisi lain, banyak diantara saudara sebangsa setanah air yang sebaliknya nasibnya.

badan keuangan

“Kemerdekaan fisik mungkin sudah kita raih. Tetapi, apakah kita sudah meraih kemerdekaan bertindak untuk menentukan sendiri sistem politik kita? Apakah kita sudah meraih kemerdekaan bertindak untuk menentukan sendiri sistem ekonomi kita? Apakah kita sudah meraih kemerdekaan bertindak untuk menentukan sendiri sistem budaya kita? Apakah kita sudah meraih kemerdekaan dari belenggu ketakutan, dari belenggu ketidakberdayaan, dan dari belenggu kemiskinan?,” celetuk Gadis kelahiran 28 Februari 1997 ini.

Gadis yang gemar traveling ini menuturkan, sebenarnya bangsa Indonesia sudah 73 tahun merdeka. Akan tetapi, mirisnya jika dilihat dari tingkah laku masyarakat dewasa ini yang sejatinya tidak mau merdeka. Misalnya, pemerintah sendiri sudah memberikan berbagai fasilitas yang memudahkan masyarakat, tetapi banyak diantaranya yang tidak mempergunakannya dengan baik dan malah di rusak. Sumber daya alam yang dimiliki Indonesia sangat melimpah, tetapi apakah sudah diolah seefisien mungkin.

Example 300250

Sebagai generasi muda, kata putri sulung pasangan Zuan Kaawoan dan Lisna Mooduto ini bahwa sejatinya mempunyai tugas yang harus diemban dengan penuh tanggung jawab dan kesadaran sebagai generasi penerus bangsa.

“Kitalah calon pemimpin di masa depan. Kita juga harus menghargai perjuangan para pahlawan bangsa yang telah gugur di medan perang demi mencapai arti kata merdeka agar kita dapat mengambil pelajaran di dalamnya, sehingga kita dapat membangun bersama menuju Indonesia yang damai dan sejahtera,” pungkasnya.(zt11/gp/hg)



hari kesaktian pancasila