Senin, 18 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Aset Daerah Minta Diperjelas, DPRD: Lakukan Pendataan, Terutama Statusnya

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Sabtu, 17 April 2021 | 02:05 AM Tag: ,
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Gustam Ismail

Hargo.co.id, GORONTALO -  Terhadap aset yang dimiliki oleh daerah itu harus diperjelas. Pasalnya, aset daerah kini cukup banyak, hanya saja perlu diperjelas statusnya.

Penegasan ini disampaikan  Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Gustam Ismail, mengingat aset daerah kini statusnya harus diperjelas. Bahkan, menurut Gustam Ismail, ada aset yang bermasalah dan entah sampai sejauh mana penyelesaian.

“Aset daerah merupakan persoalan yang harus diseriusi. Berbicara aset tidak hanya aset yang bergerak saja, seperti kendaraan roda empat dan roda dua serta lainnya. Namun ada juga aset daerah yang tidak bergerak baik itu gedung maupun bidang tanah dan lainnya,” ungkapnya.

Terhadap aset daerah ini tidak jelas sampai saat ini ada berapa jumlahnya dan kondisinya bagaimana, karena tidak diketahui dengan pasti. 

“Ada juga aset lain yang dibangun dari pusat, namun sampai saat ini tidak diketahui apakah itu menjadi aset daerah atau masih menjadi aset pemerintah pusat karena tidak jelas,” tegasnya.

Pasalnya ada fasilitas yang dibangun yang nantinya menjadi aset tersebut tentu ada tujuan dan manfaatnya. Seperti contohnya untuk dermaga yang ada di Kecamatan Ponelo Kepulauan yang sampai saat ini masih tanda tanya. Apakah itu telah menjadi aset Pemda Gorut atau masih aset nasional. 

“Pemanfaatan aset atau intervensi daerah untuk melakukan pemeliharaan untuk menunjang pembangunan daerah tentu terkendala dengan ketidak jelasan aset tersebut,” ujar Gustam Ismail.

Untuk itu Gustam Ismail, meminta kepada Pemda Gorut terutama bagian aset untuk dapat mendata seluruh aset yang ada di daerah ini termasuk bagaimana kondisinya dan keberadaannya serta statusnya. 

“Agar aset-aset ini dapat menunjang pembangunan dan kemajuan daerah, bukan hanya menjadi beban daerah,” kuncinya. (abk/adv/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar