Jumat, 20 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Asik…GORR Sudah Berfungsi, Ketupatan Tak Macet Lagi

Oleh Aslan , dalam Headline Metropolis , pada Senin, 11 Juni 2018 | 16:30 Tag: ,
  

GORONTALO, Hargo.co.id – Masyarakat Gorontalo akan lebih nyaman dalam merayakan lebaran ketupat tahun ini. Sebab, kemacetan di pusat perayaan ketupat di wilayah Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo yang selama ini menjadi momok, bakal tidak terjadi lagi. Hal itu seiring berfungsinya jalan lingkat Gorontalo Outer Ring Road (GORR) yang menghubungkan Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo.

Memastikan kondisi GORR sudah bisa dilalui kendaraan dan digunakan saat lebaran ketupat, Gubernur Rusli Habibie menjajal mega proyek ini, Sabtu (9/6). Pantauan Gorontalo Post, akses GORR sepenuhnya sudah bisa dilalui yakni dari Desa Pilohayanga, Kecamatan Telaga ke Desa Ombulo, Kecamatan Limboto Barat. Memang masih ada beberapa titik yang belum teraspal, tapi tetap bisa dilalui kenderaan karena telah dilakukan pengerasan.

Kepada Gorontalo Post usai peninjauan, Gubernu Rusli Habibie mengatakan, GORR belum sepenuhnya bisa digunakan, sebab ada beberapa jembatan yang sedang dibangun. Hanya saja untuk kepentingan lebaran ketupat, GORR sudah bisa menampung arus lalu lintas yang macet dari Jl Limboto Raya.

“Jadi nanti diatur aksesenya, dari Desa Ombulo ke Telaga itu sudah bisa dilalui. Ketupatan tidak akan macet lagi,”terang Gubernur Rusli Habibie.
Sementara itu, terkait proyek GORR, Rusli Habibie mengapresiasi progresnya yang terus berlangsung. Laporan Balai Jalan Nasional yang menangani GORR, proyek prestisius ini dipastikan tuntas akhir 2018 untuk segmen I dan segmen II, atau dari Bandara Djalaludin Gorontalo sampai ke Desa Pilohayanga, Kecamatan Telaga.

“Kendala pembebasan lahan tidak adalagi, sudah diberskan,”ujar Rusli Habibie.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek GORR, Daniel mengatakan, tahun ini anggaran untuk pembangunan jembatan dan jalan yang belum selesai sekitar Rp 193 Miliar. Terbagi dari satu paket jembatan anggarannya sekitar Rp84 Miliar dan dua paket jalan di dua lokasi masing masing senilai Rp 60 Miliar dan Rp 49 Miliar.

“Selanjutnya untuk pembangunan ini kita sudah pastikan ke pak gubernur tahun ini kita selesaikan. Target kita akhir tahun 2018. GORR ini fungsionalnya sepanjang 30 KM, tapi mungkin ada sekitar 3 KM belum bisa di aspal, tapi pasti sudah bisa dilalui. Sejauh ini semua tidak ada kendala dan hambatan,”terangnya. (tro-gp/hg)

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar