Kamis, 7 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Aspirasi Kontraktor Ditindaklanjuti, Komisi III Gelar RDP

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Sabtu, 5 Maret 2022 | 23:05 Tag: , , ,
  Suasana RDP oleh Komisi III DPRD Kabupaten Gorontalo bersama instansi terkait. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Setelah sebelumnya sejumlah kontraktor mendatangi gedung DPRD Kabupaten Gorontalo, kini Komisi III mengambil langkah dengan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP), Jumat (04/03/2022). Maklum, adua tersebut terkait pelunasan pembayaran kepada sejumlah kontraktor.

Ketua Komisi lll DPRD Kabupaten Gorontalo, Sladauri Kinga, ini sebagai bentuk tindak lanjut aspirasi dari kontraktor soal pembayaran beberapa proyek yang sudah selesai. RDP tersebut menghadirkan Asisten I Setda Doni Lahatie, pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR), Sekertaris Badan Keuangan dan instansi terkait lainnya. 

Sladauri Dj. Kinga mengungkapkan bahwa dari penjelasan pemerintah daerah, pembayaran beberapa pekerjaan proyek terkendala oleh pembuatan Peraturan Kepala Daerah (Perkada). 

“Dari hasil rapat tadi, pemerintah daerah menjelaskan bahwa mereka tidak bermaksud menahan-nahan uang para kontraktor. Tapi memang ada beberapa aturan yang perlu dibuat, salah satunya Perkada yang sudah selesai, tinggal menunggu tanda tangannya bupati untuk pengesahannya,” jelas Sladauri Kinga.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menjelaskan, Perkada yang dibuat oleh pemerintah daerah petunjuk dari pemerintah pusat. Dimana, pembayaran pekerjaan yang telah melampaui tahun berjalan, maka pemerintah daerah wajib menerbitkan Perkada. 

“Jika Perkada sudah ditandatangani oleh bupati, maka tagihan para kontraktor akan terbayarkan. Paling lambat pekan depan pemerintah akan memulai pembayaran,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 29 times, 1 visits today)

Komentar