Jumat, 16 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Atasi Ketombe Dengan Cara Alami Ini

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Senin, 22 Agustus 2016 | 19:02 WITA Tag: , ,
  


Hargo.co.id-Banyak bahan alami yang bisa menyembuhkan ketombe. Lemon, misalnya. Buah ini tak hanya segar diminum.

Dokter Poli Umum RS Adi Husada Undaan Wetan, dr Lili Soetjipto mengatakan lemon memiliki kandungan asam yang tinggi, lemon diyakini mampu merontokan ketombe hingga akarnya.

”Lemon memiliki zat asam yang cukup tinggi. Zat tersebut bersifat abrasif. Sehingga mampu membunuh ketombe. Bukan sekedar merontokkan, tapi membunuh,” tegasnya.

BACA  Trend Busana Muslim Jelang Ramadan

Lili menambahkan, cara pemakaiannya juga sangat mudah. Pertama, siapkan satu buah lemon. Iris lemon menjadi dua bagian. Kemudian peras lemon tersebut dalam sebuah wadah khusus.

”Lalu oleskan hasil perasan itu ke seluruh bagian kulit kepala. Pijat lembut selama lima menit. Setelah itu, diamkan selama 30 menit,” katanya.

Lili menuturkan, selama 30 menit didiamkan, sifat abrasif lemon akan masuk ke pori kulit kepala. Hal itu membuat sel epidermi yang memicu ketombe ikut keluar.

BACA  Usai Divaksin Covid-19, Ini 5 Hal yang Wajib Dilakukan Agar Tak Terinfeksi

Sel epidermi yang mati itu akan rontok bersamaan dengan ketombe yang ada pada kulit kepala.

”Sehingga kulit kepala menjadi sehat lagi. Setelah itu, bilas menggunakan air. Lebih baik lagi jika keramas,” terangnya.

BACA  7 Manfaat Ajaib Daun Pisang untuk Kesehatan

Selain lemon, masih ada bahan untuk membunuh ketombe. Salah satunya adalah daun pandan. Mungkin tak ada yang menyangka daun yang biasanya digunakan sebagai  penyedap aroma masakan ini bisa membunuh ketombe.

”Ini karena daun pandan memiliki kandungan mineral alami yang tinggi. Kandungan tersebut berkhasiat untuk memberi nutrisi pada rambut. Bahkan, menyehatkan rambut hingga ke akarakarnya,” urai Lili. (jpg/hargo) 


Komentar