Senin, 25 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Aturan Baru Satgas Covid-19, Berlaku 19 Desember Hingga 8 Januari

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Nusantara , pada Minggu, 20 Desember 2020 | 16:05 WITA Tag: ,
  Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas


Hargo.co.id, JAKARTA – Satgas Penanganan Covid-19 mengeluarkan surat edaran yang mengatur protokol kesehatan selama liburan Natal dan Tahun Baru, bagi para pelaku perjalanan di dalam maupun dari luar negeri.

Adapun Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 dan berlaku sejak 19 Desember hingga 8 Januari 2021.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan ketentuan itu merupakan upaya menanggulangi penularan Covid-19.

Sebab, merujuk pada pengalaman libur sebelumnya, jumlah kasus penularan Covid-19 selalu menunjukkan peningkatan.

BACA  Sah, Komjen Listyo Sigit Prabowo Calon Tunggal Kapolri Pilihan Jokowi

“Pengalaman tiga liburan sebelumnya, mobilitas warga selalu memicu peningkatan kasus penularan baru. Oleh karena itu, sudah seharusnya warga untuk lebih patuh dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Semua diatur dalam surat edaran terbaru ini,” kata Wiku dalam keterangan yang diterima, Minggu (20/12).

Dalam aturan itu tertulis kewajiban menjalankan protokol kesehatan bagi pelaku perjalanan.

Di antaranya, setiap individu yang melaksanakan perjalanan orang wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan handsanitizer.

BACA  Bio Farma Akan Pastikan Keamanan dan Kualitas Vaksin Covid-19

Selain itu, pengetatan protokol kesehatan sepanjang perjalanan yang perlu dilakukan berupa penggunaan masker wajib secara benar menutupi hidung dan mulut dengan jenis masker kain tiga lapis atau masker medis.

Masyarakat juga tidak diperkenankan untuk makan dan minum sepanjang perjalanan penerbangan bagi perjalanan yang kurang dari dua jam, kecuali bagi individu yang wajib mengonsumsi obat untuk keselamatan dan kesehatannya.(jpnn/hg)

BACA  Kominfo Minta Masyarakat Hati-hati Memilih Layanan Online

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Satgas Covid-19 Keluarkan Aturan Baru, Berlaku 19 Desember Hingga 8 Januari“. Pada edisi Ahad, 20 Desember 2020.

Komentar