Jumat, 20 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Awas! Ada Garam Diduga Campur Kaca di Hunggaluwa?

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Metropolis , pada Sabtu, 23 September 2017 | 10:38 Tag: , ,
  

Hargo.co.id – Setelah beredar kabar tentang garam yang bercampur serpihan kaca di beberapa daerah, kali ini wacana tersebut kembali membuat geger warga Kelurahan Hunggaluwa, Limboto, Kabupaten Gorontalo, kemarin, Jumat (22/9).

Ya, salah seorang warga, Didin Toadi (29), mendapati garam yang diduga bercampur dengan benda berbentuk kristal yang dikira adalah pecahan kaca.

“Ini garam saya beli di kios dekat rumah. Ini gram produksi Manado,” ungkap Didin yang ditemui Gorontalo Post di rumahnya, kemarin.

Didin menceritakan, pertama kali dia mendapati garam yang diduga berbentuk serpihan pecahan kaca itu saat dia hendak memasak. Namun, saat garam diletakkan di dalam wadah memasak, terdapat bunyi yang tidak biasa. Setelah dicek, ternyata tekstur garam agak keras.

Untuk lebih meyakinkan lagi, garam bertesktur keras itu dilarut di dalam air panas. Setelah diaduk dan ditunggu selama beberapa jam, garam tersebut tidak larut juga. Garam yang tidak larut itu pun diambil kembali dirabanya menggunakan jari.

“Tajam pak. Rupa pica botol ini,” terang pria yang berprofesi sebagai fotografer tersebut sembari menunjukkannya kepada wartawan. Didin pun sudah terlanjur memposting “temuannya” itu ke sosial media dan mendapat tanggapan beragam dari warga net.

Meski tidak melaporkannya kepada otoritas yang berwenang, namun Didin hanya meminta warga untuk berhati-hati dan lebih selektif lagi memilih garam. Apalagi, saat ini harganya Rp 3.000 per bungkus ukuran mulai 150 gram sampai 175 gram.

Sementara itu, Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan (POM) Gorontalo, Sukriadi Darma, mengaku belum mengetahui informasi tentang dugaan adanya campuran di salah satu merek garam pabrikan Manado tersebut. “Belum ada laporan yang masuk,” singkat Sukriadi yang masih enggan menjelaskan tindakalan Balai POM selanjutnya.(tr-56/hg)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar