Kamis, 15 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Awas, Bederma kepada Pengemis Bakal Didenda Rp 1 Juta hingga Dipenjara

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara , pada Minggu, 28 Maret 2021 | 08:05 WITA Tag: ,
  Pengemis. Ilustrasi Foto: Istimewa


Hargo.co.id, PANGKAL PINANG – Satpol PP Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung bakal menjatuhkan sanksi tegas terhadap orang yang bederma kepada pengemis dan gelandangan di tempat umum di daerah itu.

Menurut Kepala Seksi Kerja sama Satpol PP Kota Pangkalpinang Mulyanto, ancaman sanksinya berupa denda sebesar Rp 1 juta atau kurungan penjara selama delapan hari.

“Sanksi tegas akan kami berikan kepada pemberi, penerima, dan koordinator atau orang yang menyuruh mengemis,” kata Mulyanto di Pangkalpinang, Sabtu (27/3).

BACA  Viral! Pengemudi Fortuner Bergaya Koboi, Mengacungkan Senjata Usai Tabrak Pemotor

Tindakan tegas itu sebagai upaya pemerintah daerah menertibkan para gelandangan dan pengemis yang sering berkeliaran di pusat kota.

Selain penderma, koordinator atau yang menyuruh orang lain menggelandang atau mengemis juga terancam denda sebesar Rp 50 juta atau kurungan penjara selama 6 tahun.

Sementara bagi gelandangan dan pengemis yang beraktivitas di tempat umum, mereka bakal dikenai sanksi sosial seperti membersihkan kantor dan pengamanan peralatan yang menunjang kegiatan.

BACA  Selama 44 Tahun, Pengelola TMII Tak Pernah Setor ke Kas Negara

Satpol PP akan meningkatkan patroli untuk meminimalkan aktivitas gelandangan dan pengemis, terutama di pusat keramaian dan persimpangan jalan di Kota Pangkalpinang.

Mulyanto mengatakan titik utama lokasi patroli antara lain di simpang empat Ramayana, dan beberapa kawasan lainnya.

“Namun, saat ini kami masih fokus pada tindakan pencegahan,” kata Mulyanto.

Pihaknya mengimbau masyarakat tidak memberikan uang kepada penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di tempat umum. Sebab, tindakan itu melanggar peraturan daerah.

BACA  Abrip Asep Ditemukan Masih Hidup Usai 17 Tahun Tsunami Aceh

“Kami akan memberikan tindakan khusus dan tegas bagi mereka yang mengambil keuntungan dari para gelandangan, pengemis, maupun pengamen di tengah kota,” ucap Mulyanto. (antara/jpnn/hargo)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Awas, Bederma kepada Pengemis di Kota Ini Bakal Didenda Rp 1 Juta atau Dipenjara“. Pada edisi Ahad, 28 Maret 2021.

Komentar