Sabtu, 2 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Awas, Pencuri Mengintai Saat Salat Tarawih

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Selasa, 22 Mei 2018 | 13:15 Tag: ,
  

GORONTALO, Hargo.co.id – Kepolisian Daerah Gorontalo (Polda Gorontalo) ingatkan warga Gorontalo memastikan keamanan rumah saat pergi beribadah. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya aksi pencurian yang biasanya menyasar rumah yang ditinggalkan penghuninya saat menjalankan ibadah Ramadan.

Kabid Humas Polda Gorontalo, AKBP Wahyu Tri cahyono SIK, mengatakan, warga harus teliti sebelum meninggalkan rumah selama melaksanakan ibadah salat tarawih agar jangan sampai menjadi sasaran maling.

Hal ini mengingat jika warga lengah sedikit saja maka dapat memicu niat pelaku, karena kelengahan akan dijadikan kesempatan bagi orang yang memang sudah berwatak tidak baik untuk meraih keuntungan diri sendiri. Olehnya, akan lebih baik jika kesempatan tersebut dihindari dengan cara meningkatkan ketelitian sebelum meninggalkan rumah, tambahnya.

Wahyu juga memberikan sejumlah tips kepada masyarakat agar rumahnya aman dari sasaran pencurian, yakni, memastikan jika seluruh pintu dan jendela telah terkunci. Menyimpan barang berharga di tempat rahasia yang dirasa aman.

“Jika ada emas, surat-surat berharga, atau lainnya, sembunyikan pada suatu tempat yang aman dan diketahui oleh diri sendiri,” ujar Wahyu, kemarin, Senin (21/5).

Selain itu, Wahyu juga meminta agar sebelum berangkat ke masjid atau mushala untuk melaksanakan Tarawih, warga menitipkan rumah kepada tetangga ataupun kerabat yang tidak melaksanakan Tarawih sehingga tetap ada yang mengawasi rumah.

“Nyalakan lampu di beranda rumah, jika memang diperlukan, tidak salah untuk memasang kamera pengintai (CCTV),” tambahnya.

Selain itu menurut Wahyu, Kapolda juga telah mengeluarkan Instruksi kepada seluruh anggota kepolisian untuk menjaga kemanan pada saat Tarawih. “Kepolisian juga terus melakukan patroli rutin di wilayah tugasnya masing-masing,” terangnya.

Seluruh langkah ini menurut Wahyu adalah upaya untuk mengantisipasi terjadinya tindak kriminal serta memastikan warga Gorontalo menjalankan ibadah ramadhannya dengan tenang dan aman.(yds-gp/hg)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar