Senin, 30 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bahas APBD 2021, DPRD Undang Seluruh Kades

Oleh Jamal De Marshall , dalam Advertorial Legislatif , pada Rabu, 21 Oktober 2020 | 04:30 WITA Tag:
  Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Syam T. Ase


Hargo.co.id, GORONTALO – Ada yang berbeda dalam pembahasan anggaran 2021 ini, dimana memang untuk tahun ini DPRD bakal mengundang seluruh kepala desa dan menyerap aspirasi dari tingkat desa. Hal ini dikatakan oleh Ketua DPRD Syam T Ase, Selasa (20/10) di ruang kerjanya.

Syam mengakui memang untuk pembahasan Kebijakan Umum Anggaran, Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2021 ini ada yang berbeda, dimana setelah dibahas KUA-PPAS 2021 di tingkat Banggar, dilanjutkan di masing-masing komisi dilanjutkan dengan mengundang seluruh kepala desa se Kabupaten Gorontalo.

“Memang akan ada yang berbeda, dimana kita akan mengundang seluruh Kepala desa per dapil dalam rangka akan menyerap seluruh aspirasi untuk dijadikan prioritas di tahun anggaran 2021 mendatang,” jelas Syam.

BACA  Jelang Pilkada, Natal dan Tahun Baru, Gubernur Kumpul Petugas PLN

Lanjut dikatakan, untuk pembahasan kepala desa ini akan dipilah mana yang skala priorita, baik itu sudah tercantum di musrenbang desa, kecamatan dan Kabupaten itu yang akan kita badani sampai pada pembahasan anggaran antara Badan Anggaran dan juga TAPD.

“Jadi kita akan mengundang dulu semua kepala desa untuk kita lihat aspirasinya dan kita lihat apakah masuk dalam pembahasan di musrenbang mulai dari tingkat desa sampai Kabupaten dan jika itu masuk menjadi prioritas untuk kita kawal,” jelas aleg tiga periode ini.

Diakui oleh politisi PPP ini, memang untuk tahun 2021 ini berbeda, karena mengundang seluruh kepala desa yang sebelumnya aspirasi yang mereka perjuangkan hanya melalui musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) di tingkat desa yang kemudian berharap bisa terakomodir di tingkat kecamatan hingga kabupaten.

BACA  DPRD Kabgor Apresiasi Sikap Guru dan Orang Tua Siswa

“Sehingga untuk pembahasan kali ini, kami khusus mengundang seluruh Kepala Desa untuk mengaspirasikan apa yang mereka serap dari masyarakat untuk diperjuangkan dan menjadi prioritas di tahun 2021, karena banyak sekali aspirasi yang mereka masukkan di musrenbangdes tetapi baru ditingkat kecamatan saja sudah tidak terakomodir,” jelas Syam.

Ia menambahkan, saat ini memang masih diberikan waktu seminggu untuk anggota Banggar dimasing-masing fraksi untuk mendalami dimasing-masing yang pada intinya melihat apa yang menjadi prioritas adalah semua yang sudah diaspirasikan masyarakat.

BACA  DPRD Minta Sektor Pariwisata Optimalkan Protokol Kesehatan

“Baik itu aspirasi dari reses atau juga keluhan masyarakat yang memang harus segera ditindaklanjuti, sehingga di waktu seminggu ini kita membahas apa yang menjadi prioritas untuk masyarakat banyak harus tertuang dalam APBD 2021 dan harus menjadi prioritas,” tegas Syam.

Aleg dapil Batudaa cs ini berharap, di tahun 2021 nanti, anggaran lebih mengutamakan dan memprioritaskan kebutuhan masyarakat dan pastinya apa yang menjadi keluhan masyarakat bisa ditindaklanjuti dan tentunya semua memprioritaskan peningkatan ekonomi masyarakat. “Pastinya di tahun 2021 anggarannya lebih pada kesejahteraan masyarakat,” harap Syam. (wie/adv/hg)


Komentar