Minggu, 29 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bahas KUA PPAS, OPD Harus Membawa 4 Master Data

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Advertorial Legislatif , pada Kamis, 29 Oktober 2020 | 21:05 WITA Tag: , , ,
  Anggota DPRD Gorut, Matran Lasunte


Hargo.co.id, GORONTALO – DPRD Gorontalo Utara (Gorut) menegaskan bahwa dalam pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS), setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) wajib membawa dokumen yang dibutuhkan. Minimal empat master data yang menjadi acuan dalam penyusunan anggaran.

Ini ditegaskan Wakil Ketua Komisi I, DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte, usai melakukan pembahasan perdana KUA PPAS. Pembahasan ini menghadirkan OPD yang menjadi mitra kerja Komisi I

BACA  Kafilah Gorontalo Bawa ‘Oleole’ dari Arena MTQ di Sumbar

“Perlu kami tegaskan adalah setiap OPD yang menjadi mitra kerja Komisi I, harus membawa dokumen yang dibutuhkan dan menjadi acuan dalam penyusunan anggaran dalam pembahasan KUA-PPAS 2021,” ungkapnya.

Menurut Aleg PPP tersebut, dalam penyusunan anggaran harus membawa empat (4) master data yang dibutuhkan sebagai acuan dalam penyusunan anggaran.

BACA  Ribuan Warga Terjaring Razia Penerapan Protokol Kesehatan

“Empat master data tersebut yakni Standar Satuan Harga (SSH), Standar Biaya Umum (SBU), HSPK dan ASB,” tegas Matran Lasunte.

Jika tidak, maka Komisi I berjanji tidak akan membahas KUA PPAS. Alasan ini menjadi kewajiban, karena beberapa waktu lalu, Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu pernah mengatakan jika penyusunan APBD oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) tidak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

BACA  Masuk Tahap Finalisasi, Pansus I Target Paripurna Ranperda Pekan Depan

“Karena tidak ada SOP maka dalam penyusunan anggaran tidak sesuai dengan SOP dan ini tentunya tidak baik. SOP tersebut penting karena usulan anggaran yang disampaikan tersebut diperoleh dari mana angkanya, seperti halnya ketika OPD menganggarkan pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek), biaya pematerinya bagaimana, begitu juga dengan honor peserta dan lainnya,” kunci Matran Lasunte. (abk/adv/hg)


Komentar