Kamis, 4 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bahas Pariwisata, Rusli Habibie, Marten Taha dan Nelson Pomalingo Temui Sandiaga Uno

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Jumat, 19 Februari 2021 | 22:05 WITA Tag: , , , ,
  Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie bersama para bupati dan walikota saat bertemu dan mengikuti rapat dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Jakarta, Kamis (18/2/2021). (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama dengan para unsur pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Gorontalo menemui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kereatif (Menpar) Sandiaga Salahudin Uno di Jakarta pada Kamis, (18/02/2021).

Audiensi tersebut dilaksanakan guna untuk memaparkan potensi destinasi wisata di Gorontalo sekaligus meminta dukungan program dan anggaran dari pemerintah pusat.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama para Bupati (terpilih) Gorontalo, Nelson Pomalingo dan Walikota Gorontalo, Marten Taha diberi kesempatan memaparkan potensi wisata di wilayah masing-masing. Terkait masalah dan tantangan pariwisata daerah yang juga tidak luput dari perhatian Sandiaga Uno.

BACA  Rusli Habibie Tegaskan Penggunaan Anggaran Fokus pada Program Prioritas

“Alhamdulillah kami bersyukur pak Menteri telah mengagendakan kita, teman-teman bupatiwalikota didampingi Kadis Pariwisata, kita mendapatkan arahan dari beliau. Memang karena keterbatasan anggaran pusat dan daerah maka beliau mengimbau promosi harus ditingkatkan dan diserahkan ke swasta,” ujar Rusli Habibie.

Menurut Rusli Habibie, Menpar mengakui pariwisata Gorontalo memiliki daya tarik untuk dikembangkan. Selain melihat paparan parabupati dan Walikota, Menpar juga pernah berkunjung ke destinasi wisata Gorontalo, mulai dari Kabupaten Pohuwato hingga Bone Pesisir di Kabupaten Bone Bolango.

BACA  Gugatan Kandas di MK, KPU Tetapkan Nelson-Hendra Pemenang Pilkada di Kabgor

“Saat ini Kemenpar sedang mendorong desa wisata dengan model pengembangan public people partnership. Jadi ada kemitraan khususnya dengan warga sekitar. Beliau juga berpesan pengembangan pariwisata harus komprehensif dari hulu ke hilir dan harus jauh dari budaya tutuhiya (saling mencungkil),” imbuh Rusli Habibie.

Pertemuan dengan putra daerah itu dinilai berdampak positif. Para deputi di lingkungan Kemenpar mengaku siap mendukung dan membantu pengembangan pariwisata Gorontalo setelah mendengarkan pemaparan para kepala daerah, bahkan Menpar berjanji akan berkunjung ke Gorontalo dalam waktu dekat.

BACA  Bahas Pariwisata Gorontalo, Gubernur Akan Temui Menparekraf

Pertemuan tersebut turut dihadiri oleh organisasi kerukunan warga Gorontalo atau Lamahu yang diwakili oleh Syafrin Liputo, yang kini menjabat sebagai Kadis Perhubungan DKI Jakarta. Ada juga Ketua Kadin Gorontalo Muhalim Litty, Kadis Pariwisata Provinsi dan kabupaten/kota serta OPD terkait lainnya.(zul/adv/hargo)


Komentar