Minggu, 27 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bahas Penanganan Covid-19, Gubernur Diundang Presiden di Istana Bogor

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Advertorial Gorontalo Headline , pada Kamis, 16 Juli 2020 | 02:05 WITA Tag:
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (Kiri) saat akan masuk ke dalam istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/7/2020). (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id GORONTALO – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama Gubernur Sumatera Utara dan Kalimantan Utara mendapat undangan khusus dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, Rabu (15/07/2020).

Undangan itu dalam rangka pembahasan penanganan Covid-19 dan serapan anggaran didaerah masing-masing.

Dihadapan Presiden, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengemukakan, kekompakan antar pemerintah menjadi salah satu kunci sukses untuk menangani covid-19.

“Penanganan covid-19 ini pak presiden, kita harus kompak dan bersinergi antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota sampai ke tingkat desa. Termasuk teman-teman forkopimda. Itu yang kami lakukan di Gorontalo,” ucap Rusli Habibie.

BACA  Pembangunan Jalan di Ponelo Kepulauan Gagal, Dua Aleg Protes

Dengan kekompakan tersebut, kata Rusli Habibie, selain dapat menjadikan pekerjaan ringan, juga dapat terdistribusi dengan baik. Semua komponen merasa dilibatkan dan memiliki tanggungjawab sesuai dengan kewenangan masing-masing. Lebih utama lagi, tidak saling menyalahkan satu dengan lainnya.

BACA  Rusli dan Nelson Antar Paket RUMAH ke KPU Bone Bolango

“Kita sangat kompak antar forkopimda dan bupati wali kota. Apabila ada sesuatu terjadi kita bahas lewat vicon maupun rapat tatap muka demi mencari solusi, jadi tidak saling menyalahkan. Bahkan penganggarannya kita sharing (antar provinsi dan kabupaten/kota),” sambungnya.

Kesempatan itu juga dimanfaatkan Gubernur Rusli Habibie untuk meminta perbaikan data penerima berbagai bantuan sosial. Data yang tidak diperbaharui secara berkala banyak menimbulkan masalah di tingkat bawah.

BACA  Pasangan Hamim Pou-Merlan Uloli Komit Patuhi Protokol Kesehatan

“Begitu juga dengan bantuan. Itu BLT dan segala macam, kalau diberi uang maka uang semua. Jangan ada uang ada sembako,” saran gubernur dua periode itu.

Gubernur Rusli benar-benar menjadi bintang pada pertemuan yang juga dihadiri oleh para menteri itu. Secara hasil, penanganan covid-19 di Gorontalo masuk lima besar yang terbaik selain Aceh, Sumatera Barat, Yogyakarta dan Bangka Belitung. (adv/rwf/hg)


Komentar