Kamis, 7 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bahas Ranperda, Pansus I Libatkan Tim Pakar 

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Sabtu, 29 Januari 2022 | 22:05 Tag: , ,
  Pembahasan Ranperda Bantuan Hukum oleh Pansus I DPRD Gorontalo Utara bersama Tim Pakar. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Panitia Khusus (Pansus) I, DPRD Gorontalo Utara (Gorut) saat ini tengah membahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang menjadi tanggungjawab mereka yakni Ranperda Bantuan Hukum. Tak tanggung-tanggung, agar pembahasan lebih maksimal, Pansus I melibatkan Tim Pakar. 

“Pansus I sudah memulai tahapan pembahasan dimulai tahapannya, Pembahasan belum melibatkan eksekutif dan sementara masih melibatkan Tim Pakar. Pembahasan berikutnya sudah akan melibatkan unsur terkait lainnya,” kata Ketua Pansus I, Rina Polapa belum lama ini.

Seperti apa hasil pembahasan Pansus I dengan Tim pakar? Rina Polapa menjelaskan bahwa pihaknya sebelum masuk ke tahapan pembahasan. Rapat perdana, menurut Rina Polapa, masih sebatas menyusun rencana kerja yang akan dilaksanakan oleh Pansus I yang dipimpinnya tersebut. 

“Sebelumnya kami di Pansus I melakukan rapat awal untuk menyusun rencana kerja yang tujuannya tentu agar perjalanan Pansus lebih terarah,” tegasnya.

Maksudnya kata Rina Polapa, terhadap tahapan-tahapan pembahasan yang akan dilakukan dan juga waktu pelaksanaannya itu semua telah disusun dalam renja. Seperti pembahasan bersama tim pakar saat ini, kemudian tahapan selanjutnya seperti apa? Itu semua telah tersusun dengan baik termasuk pihak mana yang akan diundang dan akan didatangi untuk mengkonsultasikan Ranperda tersebut.

“Termasuk juga dengan rujukan atau pembanding nantinya, karena dalam perumusan regulasi tentu harus juga ada pembanding seperti daerah mana yang telah ada dan menjalankan regulasi tersebut. Itu penting agar kita dapat mengetahui lebih banyak lagi terhadap regulasi yang dimaksud,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 16 times, 1 visits today)

Komentar