ramadan2024

Bahaya! Kemenkominfo Ingatkan Hindari Komentar Negatif di Media Sosial

×

Bahaya! Kemenkominfo Ingatkan Hindari Komentar Negatif di Media Sosial

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi, media sosial. (Pixabay)

Hargo.co.id, JAKARTA – Pandu Digital Madya Kemenkominfo RI Agus Andira mengatakan komentar negatif yang diunggah seseorang di media sosial bakal berdampak buruk bagi jejak rekam pribadi orang tersebut.

badan keuangan

Sebab, setiap pengguna memiliki rekam jejak didigital sehingga mudah dilacak.

Hal itu diungkapkan Agus Andira dalam program Indonesia Makin Cakap Digital di Samarinda, Kalimantan Timur secara daring, Rabu (6/7)

Example 300250

“Rekam jejak digital merupakan bukti yang ditinggalkan setelah beraktivitas di internet yang berpotensi dicari, dicuri, disalin, dipublikasi, dan diikuti oleh orang lain,” ungkap Agus Andira dalam siaran persnya, Jumat (8/7).

Dia pun menyarankan agar warganet bijak berinternet dan bisa memahami perbedaan antara aplikasi percakapan dan media sosial.

Menurut Agus, warganet yang baik harus mampu mengamankan data dan identitas pribadi, hingga bisa mengelola rekam jejak digital.

Ramadhan 2024

Pasalnya, kata dia, dengan berbuat bijak maka rekam jejak digita semakin baik.

“Jejak digital akan dapat membentuk citra diri seseorang dan jejak yang buruk akan merugikan diri sendiri,” tutur Agus.

Selain itu, lanjut dia, warganet juga harus mampu menjaga etika dengan menghindari konten yang negatif dan tidak mengkonsumsi informasi yang dilarang.

Konten negatif di internet dan media sosial terdiri dari tiga macam, yakni kabar bohong atau hoaks, perundungan atau cyberbullying, dan ujaran kebencian atau hate speech.

“Terkadang di media sosial kita tidak ingin dan tidak ada niat untuk mem-bully orang lain. Namun, banyak yang tanpa sadar berkomentar yang negatif,” ujar Agus. (JPNN.com)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Kemenkominfo Ingatkan Hindari Komentar Negatif di Media Sosial, Bahaya!“. Pada edisi Sabtu, 09 Juli 2022.


hari kesaktian pancasila