Kamis, 26 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Balai POM sita 1.400 Karton Air Mineral ‘Hasby’

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Kamis, 19 Januari 2017 | 12:51 WITA Tag: , , ,
  


BONBOL Hargo.co.id – Balai Pengawas Obat dan Makanan (POM) Gorontalo menyita ratusan karton air mineral merek “Hasby” di rumah distributor di Kelurahan Dutohe, Kecamatan Kabila, Bone Bolango (Bonbol), kemarin, Rabu (18/1). Balai POM mengklaim, air mineral tersebut tidak terdaftar dari segi kelayakan dan izin produksi.

Distributor air mineral Hasby, Ikbal Nasaru, mengakui, tidak begitu mengetahui soal kelayakan dan izin produksi air mineral yang dijualnya tersebut. Dia mengaku hanya mendistribusikan air mineral tersebut di wilayah Provinsi Gorontalo dan itu sudah berlangsung selama kurang lebih 3 tahun. Menurut pengakuan Ikbal pula, air mineral tersebut tidak diproduksi di Gorontalo, melainkan di Kota Malang, Jawa Timur (Jatim). “Saya hanya menerima suplai dari sana (Malang,red). Persoalan izin melalui Balai POM, yang kami ketahui bahwa air tersebut sudah berizin,” aku Ikbal.

BACA  Debat Publik Bone Bolango, Seorang Calon Bupati Absen

Pimpinan operasi Balai POM Gorontalo, Nuryadin, mengatakan, penyitaan air mineral merek Hasby tersebut tidak mempunyai izin produksi yang resmi dari Balai POM. Memang, lanjut Nuryadin, pada kemasan air mineral tersebut sudah tertera izin produksi dan sudah melalui uji kelayakan dari Balai POM, akan tetapi setelah ditelusuri nomor izin tersebut bukan untuk air mineral merek Hasby.

BACA  Polisi Gunakan Metode Hunting dalam Operasi Zebra

Nuryadin yang juga selaku koordinator penyidik Balai POM Gorontalo ini menduga, izin Balai POM yang tertera tersebut hanya dicopy paste untuk memuluskan bisnis mereka. “Kami menyita air kemasan Hasby kurang lebih 1.400 karton untuk diamankan dari peredaran. Karena bisnis tersebut sudah berlangsung tiga tahun, setelah kami mendapat informasi dari masyarakat yang menduga kelegalan air mineral tersebut, kami juga akan memanggil distributor untuk dimintai keterangan terkait hal ini,” pungkasnya.(tr-54/hargo)

BACA  Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Petinggi Jamaah Islamiyah di Lebak

Komentar