Kamis, 11 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bali United & PSM Bawa Harum Indonesia, Potensi Dapat Jatah Lolos LCA 2024

Oleh Admin Hargo , dalam Sepakbola Sportivo , pada Sabtu, 2 Juli 2022 | 02:35 Tag: , , , , ,
  Para pemain Bali United merayakan juara Liga 1 musim 2021 di Stadion Kapten Dipta. Foto: Baliutd.com

Hargo.co.id, DENPASAR – Peringkat Indonesia melonjak tajam.

Berdasarkan data terkini, peringkat FIFA Indonesia ada di posisi 155 dunia.

Yang menggembirakan peringkat Liga 1 di level Asia ikut terdongkrak.

Berdasarkan hasil perhitungan Footyrangkings, Liga 1 menempati posisi posisi 25 Asia berkat permainan apik Bali United dan PSM Makassar di Piala AFC 2022.

Bali United dan PSM Makassar adalah wakil Indonesia di Piala AFC 2022.

Meski Bali United tersingkir di fase grup gegara kalah telak dari wakil Kamboja, Visakha FC, Serdadu Tridatu ikut menyumbangkan poin bagi Liga 1 setelah menumbangkan wakil Malaysia, Kedah FC dan wakil Filipina, Kaya FC Iloilo.

Poin Liga 1 ikut terdongkrak berkat penampilan impresif PSM Makassar.

Ditinggal hampir 60 persen skuad seusai Liga 1 berakhir, anak asuh Bernardo Tavares tampil mengesankan di babak penyisihan Grup H Piala AFC 2022 .

Hebatnya, PSM Makassar menempati posisi puncak klasemen di atas Kuala Lumpur FC dan Tampines Rovers.

Di semifinal Piala AFC 2022, PSM Makassar yang nyaris degradasi dari Liga 1 musim 2021 bakal menantang Kedah FC, runner up Malaysia Super League (MSL).

Berdasarkan perhitungan Footyrangkings, tambahan poin dari hasil laga Bali United dan PSM Makassar membuat peringkat Liga 1 naik posisi, dari 27 ke 25.

Sedangkan di kawasan timur, Liga Indonesia menempati peringkat 11.

Satu peringkat lagi, Liga 1 berhak mengirimkan wakilnya secara otomatis ke Liga Champions Asia (LCA) plus jatah Piala AFC.

Indonesia memiliki selisih yang besar dengan Australia dengan margin 3,5 poin.

Jadi, kecil peluang Indonesia mengejar poin Australia.

Namun, Liga 1 masih ada harapan untuk memperebutkan slot langsung lolos Liga Champions Asia alias AFC Champions League (ACL).

Berdasarkan Footyrangkings, Indonesia berhak mendapat jatah lolos AFC Champions League jika Korea Utara yang menempati peringkat ke-9 Asia Timur gagal mendapatkan lisensi dari AFC.

Potensi klub Liga Korea Utara tidak mendapatkan lisensi cukup besar lantaran timnas maupun klub negara komunis itu tidak tampil di kompetisi elite Asia.

Menarik ditunggu, bisa tidaknya klub Indonesia berlaga di ajang AFC Champions League pada 2024 dan 2025 mendatang. (JPNN.com)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Bali United & PSM Bawa Harum Indonesia, Potensi Dapat Jatah Lolos LCA 2024“. Pada edisi Jumat, 01 Juli 2022.
(Visited 51 times, 1 visits today)

Komentar