Sabtu, 29 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bangkitkan Kejayaan Durian, Ini yang Dilakukan Gubernur di Tolinggula

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo , pada Minggu, 5 Desember 2021 | 14:05 PM Tag: , , ,
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat menyerahkan bantuan DOC ayam KUR, angkutan roda tiga bagi kelompok tani unggul, serta bibit durian 1.000 pohon khusus untuk Kecamatan Tolinggula, Sabtu (04/12/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Pada 1980 Gorontalo dikenal dengan produksi durian enak yang berasal dari Dulamayo, Atinggola dan Tolinggula. Atas dasar hal tersebut Gubernur Gorontalo berkeinginan untuk membangkitkan kembali kejayaan durian khas Gorontalo itu. 

Olehnya itu dalam kesempatannya Gubernur Gorontalo dua periode itu mengumpulkan para petani milenial di kawasan pengembangan agrowisata berbasis buah – buahan yang ada di desa Papualangi, Kecamatan Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara, Sabtu (04/12/2021). 

“Saya banyak kali mendapatkan berita bahwa pemerintah dan teman teman ini ada yang studi banding ke Belanda dan negara lainnya. Tapi saya rasa itu tidak efektif karena cuaca kita berbeda. Untuk itu saya memerintahkan kadis pertanian untuk mengumpulkan petani – petani milenial di Papualangi ini,” ungkap Rusli Habibie dalam sambutannya. 

Di Kesempatan yang sama, Gubernur juga bercerita beberapa waktu yang lalu saat berkunjung ke salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Jakarta, ia melihat ada durian jenis musang king dan montong dari Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan yang dijual dengan harga yang lumayan mahal. Ia berharap hasil pertanian Gorontalo juga bisa seperti itu. 

“Masa kita kalah, padahal dulu waktu saya menjabat Bupati Gorontalo Utara, Papualangi itu terkenal dengan hasil durian yang manis dan dagingnya tebal. Dari situlah saya punya ide kenapa kita tidak bangkitkan lagi sentra – sentra yang dulu terkenal dengan duriannya,”kata Rusli Habibie. 

Selain itu Gubernur juga mengungkapkan, dirinya akan memberikan stimulus bibit durian kepada petani milenial yang sudah siap dengan lahannya. 

“Sebelum jabatan saya berakhir di bulan Mei, saya pinginnya Popayato, Randangan, Taludaa, Suwawa Timur, Dulamayo, Tapa, Atinggola, Sumalata, hingga Tolinggula sudah bisa tanam durian. Bibitnya kita siapkan. Kalau kurang nanti kita tambah lagi, yang penting ada lahannya. Saya ingin juga Papualangi ini menjadi wisata buah. Kita akan perlihatkan ke daerah lain bahwa Gorontalo juga bisa,”ungkap Gubernur. 

Dalam Kunjungan kerjanya di desa Papualangi, Rusli Habibie menyerahkan bantuan DOC ayam KUR, angkutan roda tiga bagi kelompok tani unggul dan bibit durian 1000 pohon khusus untuk Kecamatan Tolinggula. (***) 

 

Penulis: Zulkifli Polimengo

(Visited 25 times, 1 visits today)

Komentar