Selasa, 7 April 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bangun Pusat Data Center, Pemerintah Pusat Bidik Lahan di Bongohulawa

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo , pada Selasa, 18 Februari 2020 Tag: , ,
  Dari kiri ke kanan: Perwakilan dari Kementerian Kominfo, Setiawan, Bupati Goorntalo, Nelson Pomalingo, Tim Survei dari Korea Selatan, Mr. Shen dam Kadis Kominfo kabupaten Gorontalo, Haris Tome foto bersama di ruangan bupati sebelum turun survey rencana lokasi pembangunan Pusat Data Center, di Bongohulawa, Limboto, Senin (17/02/2020). (Foto Istimewa/Humas Kominfo)


Hargo.co.id, GORONTALO – Guna mempermudah mengakses informasi dan data, pemerintah telah menggagas pembangunan Pusat Data Center. Lokasinya ada dua yakni di ibukota negara dalam hal ini Jakarta, dan satu lagi di daerah.

Guna menentukan daerah mana yang akan menjadi lokasi pembangunan, Kementerian Kominfo RI melakukan survey yang melibatkan tim dari Korea Selatan. Salah satu yang disurvei yakni lahan di Kelurahan Bongohulawa, Kabupaten Gorontalo.

BACA  Mulai Pekan Depan, Pemkab Gorontalo Distribusi Sembako Gratis

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Gorontalo, Haris Tome, meninjau lahan yang akan disodorkan untuk lokasi pembangunan pusat data center. Hadir pada kunjungan tersebut, Tim dari Korea Selatan, Mr. Shen dan Kementerian Kominfo RI, Setiawan.

BACA  Nelson Pomalingo Nilai Keuangan Daerah dalam Batas Kewajaran
Tim Survei dari Korea Selatan, Mr. Shen sedang meninjau lokasi yang rencananya akan dibangun Pusat Data Center, di Bongohulawa, Limboto. Senin (17/02/2020). (Foto Istimewa/Humas Kominfo)
Tim Survei dari Korea Selatan, Mr. Shen sedang meninjau lokasi yang rencananya akan dibangun Pusat Data Center, di Bongohulawa, Limboto. Senin (17/02/2020). (Foto Istimewa/Humas Kominfo)

“Luas lahan yang dibutuhkan sebanyak 3 hektar dan kami menyediakan Kelurahan Bongohulawa. Nantinya lahan tersebut akan dihibahkan karena masih milik pemerintah Kabupaten Gorontalo. Itu jika nantinya Kabupaten Gorontalo yang terpilih,” kata Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo, Haris Tome menjelaskan bahwa sebelumnya juga telah dilakukan di Bitung dan Bali untuk tujuan yang sama. Namun, melihat luas lahan yang disiapkan, nampaknya Kabupaten Gorontalo yang akan terpilih.

BACA  Terkait Laporan Bupati Gorontalo, Delapan Saksi Telah Diperiksa

“Alasannya, semua kriteria yang diharapkan telah kita dipenuhi. Kami meminta dukungan dan doa dari masyarakat agar Kabupaten Gorontalo yang terpilih, dan dengan demikian bantuan dari pusat akan mengalir ke daerah,” jelas Haris Tome. (vyr/adv/hg)