Minggu, 22 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bangun UMKM untuk Kemajuan Ekonomi Gorontalo

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Jumat, 16 Desember 2016 | 20:10 WITA Tag: , , ,
  


GORONTALO, Hargo.co.id – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran strategis dalam perekonomian Gorontalo. Bahkan sektor UMKM merupakan salah satu pondasi kegiatan perekonomian di daerah ini. Hal itu dikarenakan banyaknya masyarakat Gorontalo yang terlibat dalam kegiatan UMKM.

Peran strategis yang dimiliki UMKM tersebut disadari betul oleh pasangan Hana Hasanah Fadel Muhammad-Tonny S. Junus (HATI). Karena itu, pasangan bernomor urut 1 tersebut telah menyiapkan program khusus untuk membangun sektor UMKM di Gorontalo.

“Pasangan HATI telah menyiapkan salah satu program ekonomi kerakyatan melalui program pemberdayaan ibu rumah tangga dengan peluang usaha rumahan yang menjanjikan dan menguntungkan. Karena peluang usaha rumahan selalu menjadi daya tarik tersendiri baik usaha kecil, menengah,” ujar Hana Hasanah.

BACA  Cegah Penularan Covid-19, Personel Polsek Tapa Diwajibkan Berjemur 15 Menit Setiap Hari

Menurut Hana Hasanah, sektor UMKM di Gorontalo sangat strategis karena banyak masyarakat terlibat di dalam sektor tersebut. Terutama di sektor usaha mikro dan usaha kecil. Termasuk usaha rumahan.

“Pemberdayaan UMKM nantinya tak hanya sebatas memfasilitasi permodalan saja. Tetapi bagaimana para pelaku UMKM itu mampu memenej dan mengelola usahanya. Jadi di samping aspek finansial, ada pula aspek peningkatan skill dan knowledge (ketrampilan dan pengetahuan),” tutur Hana Hasanah.

Lebih lanjut Hana Hasanah menyampaikan, UMKM merupakan salah satu motor penggerak perekonomian di Gorontalo.

BACA  Dinas BKD Ajak Masyarakat Putuskan Rantai Covid-19

Karena itu upaya untuk memajukan perekonomian daerah ini tak boleh meninggalkan sektor UMKM.

“Di Gorontalo saat ini ada kurang lebih 63 ribu UMKM. Nah bila itu didorong dan kemudian berkembang maka efeknya terhadap perekonomian daerah Gorontalo cukup besar,” urai istri mantan Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad itu.

Tetap Antusias Meski Diguyur Hujan

Sementara itu, rangkaian kampanye dialogis pasangan HATI di wilayah Pohuwato terus berlanjut. Setelah sebelumya di wilayah Buntulia, kemarin kampanye dialogis pasangan HATI berlanjut di wilayah Marisa.

Menariknya, meski di bawah guyuran hujan, antusiasme warga untuk bersua dengan cagub Hana Hasanah maupun cawagub Tonny S. Junus tak kunjung surut. Bahkan ada beberapa warga rela berbasah-basahan di bawah guyuran hujan untuk bisa hadir di dalam kampanye dialogis pasangan HATI.

BACA  Paripurna PAW Aleg di Pohuwato Ketat Protokol Kesehatan

Pada kesempatan itu, Hana Hasanah dan Tonny S. Junus menyampaikan komitmen untuk membangun daerah Gorontalo secara utuh.

“Ketika pasangan HATI diberi amanah untuk memimpin Gorontalo, maka pasangan HATI akan membangun Gorontalo secara keseluruhan. Jadi masyarakat Pohuwato tak perlu khawatir. Pasangan HATI akan memberikan perhatian terhadap masyarakat dan pembangunan daerah Pohuwato,” ujar Hana Hasanah dan Tonny S.Junus.(san/hargo)


Komentar