Rabu, 7 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bank IndonesiaI Harap Karawo Juga Dipakai Mahasiswa

Oleh Fajriansyach , dalam Ekonomi , pada Jumat, 20 Oktober 2017 | 15:29 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id GORONTALO – Komitmen luar biasa yang ditunjukkan Bank Indonesia (BI) terhadap kelompok binaannya memang tidak usah ditanyakan lagi. Seperti untuk kerajinan sulaman karawo, BI berharap agar sulaman khas Gorontalo itu juga bisa rutin dipakai di lingkungan pendidikan.

Kepala BI perwakilan Gorontalo, Suryono, mengungkapkan, bahwa pihaknya sudah menyurat kepada Gubernur Gorontalo agar karawo bisa digunakan di lingkungan pendidikan, baik di tingkat SD, SMP, SMA hingga mahasiswa di perguruan tinggi.

BACA  Mudik Dilarang, Menparekraf Beberkan 3 Strategi Peluang untuk Pelaku Usaha

“Seperti di Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Kalau mau OSPEK, kenapa tidak pakai karawo saja. Di UNG itu ada sekitar 25 Ribu mahasiswa di sana. Kalau semuanya pakai karawo tentunya ini bisa menjadi kabar yang bagus,” ungkap Suryono dalam sebuah kegiatan, belum lama ini.

Dengan masifnya penggunaan karawo oleh seluruh lapisan masyarakat di Gorontalo, bukan tidak mungkin sulaman ini akan semakin dicintai dan akan semakin dikenal baik di dalam maupun di luar negeri. “Saya saja bukan orang asli Gorontalo tapi saya cinta karawo. Makanya, masyarakat Gorontalo juga harus lebih mencintai karawo yang merupakan asli kerajinan dari Gorontalo,” tambahnya.

BACA  Ketika Pedagang Nasi Kuning Ganti Menu Saat Ramadan

BI memiliki visi agar karawo bisa mendunia. Sebelumnya, sulaman karawo dijadikan BI sebagai klaster unggulan pada 2011 silam. Selain memberikan pembinaan, BI sangat aktif mempromosikan karawo pada ajang-ajang bergengsi baik di dalam maupun luar negeri.

BACA  Pemkab Gorontalo Segera Terapkan Sistem QRIS Saat Bertransaksi

BI juga sukses menginjakkan sulaman karawo ke Couture Fashion Week di New York, Amerika Serikat pada pertengahan September 2017. Dan terakhir, BI juga menggandeng desainer hijab ikonik, Zaskia Sungkar, untuk mempromosikan karawo melalui desain hijabnya.(axl/hg)

 


Komentar