Sabtu, 30 Mei 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bantuan Alsintan Bakal Dikurangi, Hamim Pou Ajak Petani Berbisnis

Oleh Mufakris Goma , dalam Advertorial Kab. Bone Bolango , pada Senin, 20 Januari 2020 | 20:00 WITA Tag: ,
  Bupati Bone Bolango, Hamim Pou saat meresmikan BPP Kabila yang dirangkaikan dengan rapat kerja pertanian dan peternakan Kabupaten Bone Bolango tahun 2020 di BPP Kabila. (foto istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Bupati Kabupaten Bone Bolango Hamim Pou, mengajak seluruh petani diwilayahnya untuk mulai berbisnis, pasca diungkapkannya saran oleh Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo yang akan mengurangi bantuan alat mesin pertanian (alsintan) disetiap pemerintah daerah termasuk Kabupaten Bone Bolango.

Hal itu diungkapkan Hamim Pou saat mengahdiri dan meresmikan BPP Kabila yang dirangkaikan dengan rapat kerja pertanian dan peternakan 2020, serta penyerahan bantuan kepada kelompok tani, yang berlansung di BPP Kabila pada Senin (20/01/2020).

Dalam kesempatannya Hamim Pou mengungkapkan, Selama ini para petani atau kelompok tani selalu mengandalkan dan menunggu bantuan Alsintan dari pemerintah. Oleh karena sekarang mulai dikurangi, maka dari itu para petani diajak untuk berbisnis.

BACA  Hamim Pou: Bone Bolango Siap Terapkan New Normal

“Jangan selalu mengantungkan Alsintan bantuan dari pemerintah. Sekarang pak Mentan menginginkan semua bantuan Alsintan yang ada ditangan para petani itu bisa dioptimalkan dan harus dirawat,”terang Hamim Pou.

Terkait dengan bantuan Alsintan yang diberikan kepada kelompok tani, Bupati menyentil bahwa dirinya melihat Alsintannya ada yang tidak terawat, bahkan bantuan Alsintan tersebut diletakkan disembarangan tempat.

Ironisnya, setelah dipakai bekerja Alsintan tersebut tidak dibersihkan dan dicuci. Karena hanya diletakan begitu saja sehingga sudah banyak yang rusak. jika ada pengadaan, akan bermohon lagi,”

BACA  Hamim Pou: Bone Bolango Siap Terapkan New Normal

“Banyak sekali uang untuk membeli Alsintan ini, tapi petani kita kurang bertanggungjawab dalam pemeliharaan Alsintan tersebut,” tegas Hamim Pou.

Hamim Pou menambahkan, kedepannya sejalan dengan kebijakan Menteri Pertanian, maka akan dikurangi bantuan Alsintannya. Bantuan masih akan tetap diturunkan akan tetapi harus pendekatan bisnis. Para petani akan diberi modal usaha termasuk KUR atau Kredit Usaha Rakyat.

“Kami sedang berjuang, pak Menteri Pertanian juga sudah janji ke saya, mudah-mudahan akan menambah Rice Milling Unit (RMU). Bahkan kedepan mungkin Rice Milling Plant (RMP). Jadi kita sudah bicara bisnis, dan petani-petani harus berbisnis,”tambah Hamim Pou.

Dalam kesempatan itu juga, Hamim Pou mengingatkan kepada petani untuk berbisnis dengan membentuk kelompok atau membentuk koperasi.

BACA  Hamim Pou: Bone Bolango Siap Terapkan New Normal

“Kita jualan, karena Mentan sekarang memikirkan sampai diaspek pasca panen maupun hilirisasi pertanian. Bagaimana produk-produk pertanian ini bisa dijual dengan baik sehingga terjadi kesejahteraan petani. Hal ini bermaksud untuk memotong rentenir dan sebagainya,”ucap Hamim Pou.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kajari Bone Bolango Daniel Martua Hutagalung, Dandim 1304 Gorontalo Letkol Inf Allan Surya Lesmana, Sekda Ishak Ntoma, Kepala BPTP Provinsi Gorontalo Amin Nur, para Asisten, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Kepala DPP Roswaty Agus, dan jajaran pejabat serta Camat.(zul/adv/hg)

Loading spinner

Komentar