Senin, 17 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Perlu Disosialisasikan 

Oleh Berita Hargo , dalam Legislatif , pada Minggu, 25 April 2021 | 20:05 WITA Tag:
  Ketua Komisi II DPRD Kabgor, Ali Polapa


Hargo.co.id, GORONTALO – Bantuan hukum yang disediakan pemerintah kepada warga tak mampu diharapkan untuk terus disosialisasikan. 

Ini diungkapkan Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Ali Dj. Polapa, mengingat masih banyak masyarakat yang belum tahu. Agar masyarakat tahu dan mengerti alurnya, oleh Ali Dj. Polapa meminta pemerintah daerah tak henti-hentinya melakukan sosialisasi. 

“Banyak masyarakat kurang mampu yang tak tahu jika mereka akan mendapatkan pendampingan hukum dari pemerintah daerah apabila tersandung perkara hukum,” kata Ali Dj. Polapa, Ahad (25/04/2021).

Lanjut katanya, masyarakat itu paling banyak terjerat kasus hukum, karena masih banyak dari mereka tidak mengetahui keberadaan pendampingan. Makanya, perlu ada sosialisasi dari pemerintah daerah, agar masyarakat tidak bingung lagi ketika terjerat masalah hukum. 

“Saya berharap sosialisasinya tidak putus-putus, kalau perlu sampai ke tingkat desa, karena pemahaman soal bantuan hukum terhadap masyarakat tidak hanya mengandalkan kegiatan sadar hukum yang dinilai tidak merata tersebut,” ungkap Ali Dj. Polapa. 

Sementara, jika sosialisasi berjalan dengan baik, pihak desa harus menyiapkan anggaran yang mungkin dibutuhkan. Supaya tidak ada lagi masyarakat yang terjerat persoalan hukum tapi tak mendapatkan bantuan hukum dari pemerintah,” tutur Aleg PDIP ini. 

Selain itu, dirinya juga berharap agar seluruh kepala desa dapat ikut andil dalam menyelesaikan setiap permasalahan hukum yang dihadapi oleh warganya. 

“Saya berharap, kepala desa berperan aktif untuk menyelesaikan setiap persoalan hukum warganya. Kalau bisa diselesaikan di tingkat desa dan tidak perlu lagi dibawa ke aparat penegak hukum jika hal ini sering dilakukan oleh Kades, saya percaya bahwa Kades tersebut akan terus disenangi oleh warganya,” tandas Ali Dj. Polapa. (wie/adv/hargo)

BACA  DPRD Minta Tunda Pelantikan Kades Hutabohu, Ada Apa Ya?

Komentar