Sabtu, 26 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Banyak Anggaran Tak Dikucurkan, OPD Diminta Jemput Bola

Oleh Deice Pomalingo , dalam Advertorial Legislatif , pada Selasa, 14 Januari 2020 | 04:05 WITA Tag:
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Banyaknya anggaran untuk ke daerah yang tak dikucurkan oleh Kementerian, membuat Komisi II DPRD Kabupaten Gorontalo angkat bicara. Olehnya Ketua Komisi II, Ali Polapa meminta organisasi perangkat daerah (OPD) untuk jemput bola.

Penegasan ini disampaikan setelah Komisi II DPRD Kabupaten Gorontalo kunjungan kerja ke Bappenas pekan lalu. Menurutnya, cukup banyak anggaran di pusat yang tak dikucurkan ke daerah-daerah.

BACA  Lewat KUR, Pemprov Gorontalo Upayakan Pangan Lokal Kembali Digemari

“Setelah kami melakukan kunjungan ke Bappenas, terungkap jika nyaris tak pernah ada proposal dari Kabupaten Gorontalo. Salah satu contoh yakni Kementerian Pemuda dan Olahraga, yang mana Kabupaten Gorontalo tak masuk dalam salah satu daerah penerima bantuan,” ungkap Ali Polapa.

Padahal, menurut Ali Polapa, Kabupaten Gorontalo butuh sarana dan prasarana olahraga. Namun, OPD terkait tak pernah menyodorkan proposal di pusat.

BACA  Menkopolhukam Apresiasi Hand Sanitizer Ala Gorontalo

Lanjut kata Ali Polapa, seharusnya OPD bisa lebih optimal dalam memasukkan proposal ke Bappenas sebagai perencanaan yang nantinya akan mengusulkan anggaran-anggara tersebut ke Kementrian. Namun kenyataannya Kabupaten Gorontalo hampir tak pernah mengirimkan proposalnya.

Politisi PDI Perjuangan ini berharap, kepada OPD terkait untuk lebih rajin menjemput bola ke pusat. Alasannya, anggaran di pusat cukup besar yang akan dikucurkan ke daerah. Hanya saja, koordinasi daerah ke pusat yang kurang optimal.

BACA  Disaksikan Wagub, DPRD Tetapkan Program Perda 2021

“Terbukti dengan kunjungan kami ke beberapa Kementrian mengungkapkan, jika pihak Kementrian tak punya data yang valid atas kebutuhan di daerah karena tidak adanya komunikasi yang baik antara OPD di daerah dengan pihak kementerian . Sehingga kami berharap OPD untuk lebih optimal lagi menjemput bola di pusat,” tandasnya. (wie/adv/hg)


Komentar