Selasa, 24 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Banyak Aspirasi yang Disampaikan Warga Lewat Musrenbang Desa

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Kamis, 27 Januari 2022 | 10:05 Tag: , , ,
  Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik saat mengikuti pelaksanaan Musrenbang Desa. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Hamzah Sidik mengungkapkan jika selama ini banyak aspirasi yang masuk melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa. Ini dapat disaksikan langsung saat mengikuti Musrenbang Desa di empat kecamatan yakni Sumalata, Sumalata Timur, Tolinggula dan Biau.

Menurut Hamzah Sidik, pada Musrenbang Desa kali ini, ada hal yang mengejutkan ditemukan berdasarkan aspirasi dari desa. Salah satunya yakni tentang program prioritas di desa yang urgen. 

“Misalnya, nelayan yang perlu alat tangkap, alat produksi, perahu ketinting, mesin tempel. Begitu juga petani, seperti pupuk, bibit, sarana produksi (saprodi) itu yang memang secara khusus menjadi problem besar dari desa-desa yang ada itu,” ungkap Hamzah Sidik.

Hal tersebut, oleh Hamzah Sidik merupakan kebutuhan yang sifatnya publik. Misalkan untuk Sumalata Timur, ada berapa desa yang saya masuki rata-rata meminta untuk diadakan bus angkutan siswa karena sekarang sudah akan tatap muka. 

“Sebelumnya juga ada anak-anak yang hampir putus sekolah karena alasan tidak adanya biaya dan alat transportasi yang mahal,” tegasnya.

Hamzah Sidik juga mengaku telah menelpon Kadis Perhubungan, Nasution Djou, dan itu kemungkinan besar akan diusulkan nanti pada tahun anggaran 2023 untuk menjadi prioritas di Sumalata Timur. Menurut Hamzah Sidik, walaupun bukan daerah pemilihan, tapi itu harus dikawal karena itu kebutuhan yang sangat urgen. 

Masih pada kesempatan yang sama, Hamza Sidik mengaku jika kehadirannya di Musrenbang Desa atas inisiasi sendiri. Itu dilakukan tanpa ada agenda sebelumnya dan hanya mendapat pemberitahuan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) terkait dengan Musrenbang Desa. 

“Dan saya mengambil inisiasi untuk hadir di Musrembang Desa karena karena belum ada rapat pimpinan. Saya manfaatkan untuk berkunjung ke empat kecamatan, yaitu Sumalata, Sumalata Timur, Tolinggula dan Biau,” ungkapnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 71 times, 1 visits today)

Komentar