Kamis, 14 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Banyak Stok, Bawang Merah Rp 24 Ribu per Kg

Oleh Berita Hargo , dalam Ekonomi , pada Selasa, 24 Oktober 2017 | 23:13 WITA Tag: , ,
  


GORONTALO, hargo.co.id – Sudah lebih dari sebulan lamanya, harga bawang merah terpantau turun dari harga normalnya. Rata-rata sejumlah pedagang mengklaim bahwa turunnya harga bawang merah karena stok saat ini sedang melimpah.

Pantauan Gorontalo Post di pasar sentral Kota Gorontalo, kemarin, Senin (24/10), rata-rata harga bawang merah yang dijual pedagang Rp 24 Ribu hingga Rp 25 Ribu per Kg.

BACA  Ampuh Turunkan Kolesterol, Ini 7 Manfaat Sehat Rutin Konsumsi Bawang Merah

Harga itu rupanya sudah naik dengan susah payah jika dibandingkan dengan harga pekan lalu yang sempat turun menjadi Rp 21 Ribu per Kg.

Yati Supu, salah seorang pedagang barito (bawang, rica, tomat) di pasar sentral Kota Gorontalo mengatakan, sejatinya harga normal bawang merah berkisar Rp 35 Ribu per Kg. Namun, sudah hampir sebulan ini, harganya dibawah Rp 30 Ribu per Kg.

BACA  Ampuh Turunkan Kolesterol, Ini 7 Manfaat Sehat Rutin Konsumsi Bawang Merah

Yati mengatakan, turunnya harga bawang merah itu karena imbas banyaknya stok yang ada.

“Stok lagi banyak sekali pak. Sedangkan ini saja bawang dari Bima (NTT) masih terlalu murah. Kita saja ambil dari pengumpul main-main Rp 20 Ribu per Kg,” ungkap Yati.

Senada dikatakan Pulu Ahmad, pedagang yang sama. Menurutnya, turunnya harga bawang merah dikarenakan panen yang bersamaan hampir di seluruh daerah pemasok.

BACA  Ampuh Turunkan Kolesterol, Ini 7 Manfaat Sehat Rutin Konsumsi Bawang Merah

“Gorontalo biasanya ambil bawang merah dari Makassar, Bima, Jawa dan Sulawesi Tengah. Sekarang disana saja harganya masih murah,” jelasnya.

Kondisi yang sama juga terjadi pada cabe rawit atau rica. Bumbu pedas ini, kata Pulu, juga sedang dalam masa produktif di Gorontalo. “Masih banyak pak. Harganya sekarang rata-rata Rp 30 Ribu per Kg,” pungkasnya.(axl/hargo)


Komentar