Rabu, 6 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Barito Mahal, Keuntungan Rumah Makan Menipis

Oleh Berita Hargo , dalam Ekonomi Features News , pada Jumat, 28 Juli 2017 | 15:52 Tag: , , ,
  

 GORONTALO, hargo.co.id – Harga bawang rica dan tomat (Barito) di Gorontalo masih tinggi. Ini sudah terjadi dalam sebulan terakhir. Rica dibanderol pedagang mulai Rp 65-70 ribu per kg, tomat Rp 25 ribu per kg dan bawang merah Rp 55-65 ribu per kg.

Mahalnya harga Barito yang telah berlangsung cukup lama ini sangat dirasakan dampaknya oleh para pengusaha rumah makan. Sebab, dengan naiknya harga rempah, keuntungan yantg mereka peroleh pun semakin menipis.

Intan, salah seorang pemilik rumah makan di Kota Gorontalo mengatakan, hingga saat ini, pengusaha rumah makan belum berani menaikan harga makanan.

“Harga Barito sudah naik sekitar sebulan, apalagi bawang merah sudah lama. Jadi modal kita untuk beli rempah naik, sementara harga makanan tidak naik,” katanya.

Ia mengaku, sedikit bingung, apabila menaikan harga makanan, pelanggan akan berkurang, apalagi bila mengurangi pemakaian bumbu masakan.

“Jadi harga tetap, tetapi porsinya yang sedikit kurang. Itupun setelah dihitung-hitung, keuntungan turun,” ungkapnya.

Sebagaimana pantauan Gorontalo Post, harga makanan di Kota Gorontalo saat ini masih normal.

Diantaranya nasi daging dihargai mulai Rp 13-15 ribu per porsi, nasi ayam Rp 10-13 ribu per porsi, nasi ikan laut Rp 12 ribu per porsi, dan beberapa jenis makanan lainnya.(dan/hargo)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar