Kamis, 30 Juni 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



BAZNAS Gorontalo Utara Temui Para Muzaki, Ada Apa?

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Rabu, 22 Juni 2022 | 18:05 Tag: ,
  Sosialisasi Zakat Mal, pihak BAZNAS Gorontalo Utara, Kemenag, Mubaligh dan UPZ Desa menemui langsung para Muzakki di Kecamatan Kwandang, Selasa (21/06/2022). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Gorontalo Utara (Gorut), pada Selasa (21/06/2022), menemui para Muzakki. BAZNAS melaksanakan Sosialisasi Mobile kepada mereka yang masuk dalam wajib zakat mal. 

akat Mal sendiri merupakan zakat pembersih harta yang diantaranya Zakat Pertanian Perkebunan, Kehutanan, Perniagaan, Perindustrian, Pertambangan, Perikanan dan Peternakan, Pendapatan serta Penghasilan.

Kepada media ini, Ketua BAZNAS Gorontalo Utara, Rahmad Kasim menjelaskan bahwa sosialisasi tersebut baru dimulai pada Selasa (21/06/2022). 

“Sosialisasi mobile terkait Zakat Mal ini kita lakukan dengan metode mendatangi satu persatu mereka yang masuk dalam Muzaki yakni mereka yang masuk dalam golongan wajib zakat mal,” ungkapnya.

Zakat Mal tersebut, kata Rahmat Kasim, merupakan zakat pembersih harta yang nantinya diperuntukan untuk fakir dan miskin. 

“Untuk hari pertama sosialisasi kami laksanakan di Kecamatan Kwandang, dan mereka yang masuk wajib zakat atau MUZAKKI tersebut kami datangi satu persatu, dan mereka ini rata-rata merupakan orang yang mampu,” tegas Rahmad Kasim.

Yang terjadi saat ini, mereka yang masuk dalam MUZAKI tersebut belum atau tidak membayarkan zakat mal. 

“Olehnya melalui sosialisasi ini dijelaskan soal zakat mal, agar mereka para wajib zakat mal tersebut mengerti dan paham akan apa yang menjadi kewajiban mereka,” ujarnya.

Sosialisasi tersebut langsung dimediasi oleh pihak BAZNAS Gorontalo Utara dan juga turut serta dalam sosialisasi tersebut para Mubaligh BAZNAS dan pihak Kementrian Agama serta UPZ Desa. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 31 times, 1 visits today)

Komentar