Minggu, 20 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Becek…Puluhan Hektar Jagung Terendam Air

Oleh Fajriansyach , dalam Gorontalo Headline , pada Senin, 25 Januari 2016 | 09:18 WITA Tag: , , , ,
  


Terancam Gagal Panen, Petani Minta Pemerintah turun tangan

hargo.co.id MARISA—Akibat instensitas hujan yang turun beberapa hari belakangan ini, puluhan hektare lahan jagung di Dusun Roji Desa Manawa Kecamatan Patilanggio direndam air. Pantauan (Gorontalo Post/hargo.co.id), umur jagung yang terendam usianya di atas dua bulan. Jika curah hujan seperti ini akan terus berlagsung, maka dipastikan puluhan hektare jagung tersebut terancam gagal panen.

BACA  PGRI Kabupaten Gorontalo Fokus Program Merdeka Belajar

Menurut penuturan sejumlah petani di lokasi, bahwa saluran di areal jagung tidak mampu menampung debet air hujan. Akibatnya, air pun meluap dan menggenangi ladang jagung milik mereka.

BACA  Bina Mental Spiritual Anggotanya, BKOW Gorontalo Gelar Seminar Finding Inner Peace

“Saluranya kecil, jadi ketika hujan lebat pasti airnya meluap,”tutur kasim salah seorang petani. Mereka mengusulkan kepada pemerintah, kiranya saluran ini diperbesar dan dibuatkan permanen, agar laha jagung mereka aman dari rendaman.

Mendengar informasi tersebut, Penjabup Anis Naki didampingi Kabag Humas Arman Mohammad langsubg meninjau lokasi. Adanya keluhan tersebut oleh Penjabup Anis Naki mengaku akan menindaklanjutinya dengan instansi terkait.

BACA  Ini Yang Dilakukan Pemprov Gorontalo Hadapi PPKM Mikro

Hanya saja, Penjabup Anis Naki meminta kepada warga setempat untuk tidak merambah hutan untuk membuka ladang baru. “Jika ini tidak diindahkan maka akibatnya bisa seperti ini,”tegas Anis Naki kepada sejumlah petani. (hmp/hargo)


Komentar