Senin, 30 Januari 2023
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Begini Awal Mula Gerakan Jumat Berkah Disdukcapil Boalemo

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Boalemo , pada Jumat, 2 Desember 2022 | 14:05 Tag: ,
  Warga mengantri ambil makanan usai melaksanakan salat Jumat, di Masjid Disdukcapil Boalemo. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO  – Satu lagi nih terobosan yang tak kalah menarik, digagas oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Boalemo, yakni Jumat Berkah. Terdengar biasa, namun patut diacungkan jempol.

Bagaimana tidak, setiap orang yang selesai melaksanakan salat Jumat di Masjid Kantor ini, disuguhi aneka makanan dan minuman segar. Terutama mereka yang datang dari jauh, untuk mengurus berbagai keperluan pencatatan sipil.

banner 728x485

Kepala Disdukcapil Boalemo, Drs. Teguh Jatmika, lantas mengemukakan alasan aksi sosial tersebut. Diterangkannya, kegiatan ini sudah jadi agenda rutin, sejak Masjid dimanfaatkan untuk menunaikan salat Jumat, pada Januari 2019 lalu.

“Alhamdulillah hingga kini masih terus dipertahankan. Awal mulanya pada saat kami menggelar syukuran,” katanya, saat berbincang dengan awak media Hargo.co.id, usai salat Jumat bersama warga, di Kantornya, Jumat, (02/12/2022).

Dulu kata Teguh Jatmika, ketika masjid ini mulai dimanfaatkan salat Jumat, pihaknya menggelar doa syukuran. Disatu sisi lagi, syukuran tersebut diniatkan karena dirinya dipercayakan menjabat Kepala Disdukcapil Boalemo.

“Nah, kala itu disiapkan makanan. Jadi, para warga yang kebetulan berada di Kantor, dipersilahkan juga untuk mencicipi hidangan yang tersedia. Jadi, ceritanya ini bermula saat kami menggelar syukuran,” ungkap dia mengenang kisahnya.

Tidak putus sampai disitu saja. Lanjut, ia kemudian mengajak para ASN dan TPK di lingkungan Disdukcapil, khususnya yang beragama Islam, untuk sama-sama membuat suatu gerakan amal yang diberi nama Jumat Berkah tersebut.  

“Saya tanya ke jajaran saya, bagaimana jika mulai Jumat depan, yang dimasak di rumah kita, sebagian dibawa ke Masjid. Alhamdulillah langsung disetujui. Menariknya lagi, ada Pak Rudi yang bukan Islam, ikut menyumbang. Kadang dari beliau itu berbentuk sirup botol atau aqua dus,” kata Teguh Jatmika.

Agar tertata rapi, dibentuklah 4 kelompok donatur. Minggu pertama, kedua, ketiga dan keempat. Jadi, total 4 kelompok dalam sebulan. Artinya, sumber dana jelas berasal dari swadaya masing-masing kelompok. Tapi, terkadang ada pula sumbangan dari ASN yang berada di sekitar Disdukcapil Boalemo. 

“Alhamdulillah terkadang ada juga ASN di sekitar Kantor yang merasa terpanggil, ikut berkontribusi. Bahkan, ada warga juga mengantar kue macam-macam jenis, untuk melengkapi hidangan yang disiapkan,” katanya lagi.

Mantan Kadis Perkim Hutan Boalemo ini berharap, memasuki tahun keempat akhir Desember 2022, diharapkan ASN dan TPK Disdukcapil, tetap istiqomah menyiapkan makanan untuk gerakan ini. Menurutnya, ini bukan hanya bernilai sosial kemanusiaan, tapi juga merupakan wujud kualitas iman sebagai muslim.

“Sebagaimana Nabi SAW bersabda dalam Hadits Riwayat (HR) Thabrani, barang siapa yang memberi makan kepada seorang mukmin hingga membuatnya kenyang dari rasa lapar, maka Allah SWT akan memasukkannya ke dalam salah satu pintu surga, yang tidak dimasuki oleh orang lain,” tutup Teguh Jatmika dengan senyum khasnya. (*)

 

Penulis : Abdul Majid Rahman

(Visited 203 times, 1 visits today)

Komentar