Senin, 1 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Begini Cara Pemprov Gorontalo Tingkatkan Kapasitas Pelaku UMKM

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Senin, 22 Februari 2021 | 23:05 WITA Tag: , ,
  Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba saat memberikan sambutan pada pelatihan peningkatan kapasitas pelaku ekonomi kreatif atau UMKM Gorontalo, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Senin (22/02/2021). (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Situasi pandemi Covid-19 saat ini sangat berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat di Indonesia, khususnya di Provinsi Gorontalo.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Pariwisata bersama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia dan Perguruan Tinggi mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas pelaku ekonomi kreatif atau UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), Senin (22/02/2021).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh sekretaris Daerah Provinsi Goorntalo, dan rencananya akan berlangsung selama lima hari yaitu mulai dari tanggal 22 hingga 26 Februari 2021, di Kantor Perwakilan Bank indonesia, Gorontalo.

BACA  322 Calon Kades di Kabgor Ikuti Sosialisasi Hak dan Kewajiban

“Saya memberikan apresiasi yang sebesar besarnya kepada Dinas Pariwisata bersama Bank Indonesia yang tidak pernah lepas dalam mendukung UMKM di Provinsi Gorontalo. Ini kolaborasi yang luar biasa. Kenapa saya berikan apresiasi? karena pelatihan ini dalam konteks peningkatan kapasitas UMKM di Provinsi Gorontalo,” ujar Darda Daraba diawal sambutannya.

Sekda juga menuturkan, situasi pandemi covid-19 saat ini sangat berdampak besar yaitu menurunnya perekonomian di Indonesia dan tentunya di Gorontalo. Untuk itu, Ia berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan ruang bagi pelaku industri kreatif untuk terus berinovasi , berkarya menghasilkan produk kreatif di era pandemi saat ini.

BACA  Boalemo Bertekad Tingkatkan Sistem Akuntabilitas

“Saya mengharapkan kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik, sukses serta memberikan dampak positif dalam mengembangkan usaha bapak/ibu UMKM,” tutur Sekda.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Rifli M. Katili menjelaskan, pelatihan peningkatan kapasitas ini merupakan kolaborasi Dinas Pariwisata dengan Bank Indonesia, serta menggandeng beberapa perguruan tinggi seperti UNG dan STIM YKPN Yogyakarta, yang bertujuan untuk membangkitkan semangat pelaku UMKM agar tetap produktif serta mampu memanfaatkan peluang pasar ekspor sehingga usahanya dapat berkembang lebih besar.

BACA  Darda Daraba Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi

“Kita ingin mendorong dan membuka kesempatan yang ada saat ini. Krisis itu harus dijadikan tantangan dan dengan menembus pasar ekspor itu akan menambah spirit kita untuk lebih produktif,” pungkas Rifli M. Katili.(zul/adv/hargo)


Komentar