Begini Cara TNI-Polri di Gorontalo Antisipasi Banjir dan Tanah Longsor

Anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa di Kecamatan Mananggu, Kabupaten Boalemo berpatroli memberikan himbauan kepada Masyarakat. Foto: Istimewah

-

Hargo.co.id, GORONTALO – Saat ini hampir diseluruh daerah di Indonesia telah mengalami musim penghujan yang dapat berpotensi bencana alam banjir dan tanah longsor.

Di Gorontalo, Aparat Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Kecamatan Mananggu, Kabupaten Boalemo melakukan patroli bersama sambil menyampaikan himbauan ke warga masyarakat, terkait tindakan yang perlu dilakukan guna mengantisipasi bencana tersebut.

Hal ini dilakulan atas dasar instruksi Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs, Wahyu Widada, M.Phil ke setiap Polres dan Polsek jajaran yang ada di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo.

Dalam himbauan itu, sambil mengendarai sepeda motor dengan berboncengan para Personel Babinsa dan Bhabinkamtibmas itu menyampaikan imbauan melalui pengeras suara megaphone, agar kiranya masyarakat dapat berhati-hati, terlebih yang tinggal disekitar tebing, maupun yang ada di dekat sungai atau di dataran rendah.

“Menyikapi adanya cuaca musim hujan yang rawan terjadi bencana banjir dan tanah longsor, melalui perintah Kapolda Gorontalo kami melakukan imbauan ke masyarakat di wilayah hukum kami, untuk tetap waspada jika terjadi curah hujan yang tinggi yang dapat berpotensi bencana banjir dan tanah longsor,” kata Brigadir Adam Ahmad (Bhabinkamtibmas Kecamatan Mananggu)

Sementara itu Kabid Humas Polda Gorontalo, AKBP Wahyu Tri Cahyono, SIK juga mengimbau kepada masyarakat yang bermukim di bantaran sungai dan tebing agar lebih waspada pada saat musim penghujan, apalagi meningkatnya debit air dengan intensitas tinggi tidak dapat diduga dan diprediksi terjadinya banjir dan longsor.

“Kapolda Gorontalo juga telah memerintahkan personel jajaran untuk selalu bersinergitas dengan TNI, serta menjalin koordinasi dengan Pemerintah Daerah dalam upaya mengantisipasi dampak banjir maupun tanah longsor,” pungkas Kabid Humas Polda Gorontalo.(zul/hg)