Rabu, 23 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Begini Kondisi Jalan Lelato Meski Sudah Dikucurkan Rp 1 Miliar

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Advertorial Legislatif , pada Sabtu, 28 Desember 2019 | 17:05 WITA
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Masyarakat Desa Lelato, Kecamatan Sumalata, Gorontalo Utara (Gorut) mempertanyakan infrastruktur jalan yang ada di desa tersebut. Pasalnya, sudah dikucurkan dana sebesar Rp Miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), namun kondisinya masih memprihatinkan.

Ini lantas menyita perhatian Anggota DPRD Gorut, Jerry Kiswanto yang mana hal ini menjadi keluhan warga. “Bahkan warga desa setempat melakukan aksi protes dengan menanam pohon pisang di jalan tersebut,” katanya.

BACA  Berikut Data Kerugian dan Korban Banjir di Bulawa

Jerry menegaskan bahwa akses jalan tersebut merupakan akses jalan satu-satunya bagi masyarakat baik Desa Lelato, Kecamatan Sumalata dan Desa Windu Kecamatan Biau.

“Menurut informasi, akses jalan tersebut telah selesai dibangun, hanya saja tidak sesuai dengan harapan masyarakat, tidak memadai dan sulit untuk dilalui,” tegasnya.

Lanjut kata Jerry, selain akses penghubung antar desa dan kecamatan, akses jalan itu juga sangat penting dan bermanfaat bagi para petani yang akan menjalankan aktivitas menuju ke tiap-tiap lahan perkebunan.

BACA  Permudah ASN Miliki Rumah, Pemkab Gorontalo Jalin Kerjasama dengan BTN

“80 persen masyarakat setempat di wilayah itu menggantungkan hidup sebagai petani. Otomatis akses jalan itu sangat bermanfaat untuk mereka dalam menjalankan aktivitas menuju ke tiap-tiap lahan pertanian,” jelasnya.

Olehnya politisi muda Partai NasDem Dapil Sumalata Cs berharap, pekerjaan infrastruktur jalan yang dianggarkan melalui APBD tahun ini sejumlah Rp 1 miliar lebih itu, alangkah baiknya harus dilaksanakan sekaligus. Dalam artian tak hanya dikerjakan bertahap, tetapi harus dikerjakan sampai pada pengaspalan.

BACA  RPJMD 2017-2022 Jadi Pedoman KUA PPAS 2021

“Jika pengerjaannya dilakukan secara bertahap, ditakutkan justru akan merugi, diakibatkan oleh kondisi cuaca dan faktor lainnya. Olehnya diharapkan dengan jumlah anggaran yang besar tersebut sebaiknya dikerjakan sekaligus sehingga kondisi jalannya sesuai dengan yang dibutuhkan,” tandasnya. (adv/abk/hg)


Komentar