Dengan menerapkan standar Protokol Kesehatan, Petugas KPPS di TPS 2, Desa Toto Utara, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, melayani warga yang akan memberikan hak pilihnya di Pilkada 2020. (Foto: Zulkifli Polimengo /HARGO)

Begini Penerapan Protokol Kesehatan di TPS Saat Pemungutan Suara

Gorontalo Kab. Bone Bolango

Hargo.co.id, GORONTALO – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada Tahun 2020 ini sangatlah jauh berbeda dengan yang sebelumnya diselenggarakan, pasalnya kali ini pesta rakyat tersebut digelar di tengah-tengah penanganan pandemi Covid-19.

Dari pantauan lansung Tim liputan Hargo.co.id pada Rabu (9/12/2020), aturan Protokol Kesehatan sangat ketat diterapkan, salah satunya seperti yang diterapkan di TPS 2, Desa Toto Utara, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango.

banner 728x485

Terpantau keseluruhan petugas KPPS menggunakan hand skun atau sarung tangan, masker dan face siled, serta jarak tempat duduk juga diatur sesuai Protokol Kesehatan.

Tidak hanya petugas KPPS, untuk warga yang datang juga diwajibkan memakai masker dan sebelum masuk ke dalam area TPS, wajib menjalani tes suhu tubuh. Jika suhu tubuh normal maka akan diperkenankan masuk dan diberi sarung tangan atau handskun sekali pakai sebelum melaksanakan pencoblosan. Akan tetapi jika suhu tubuhnya melebihi batas normal, maka akan diarahkan ke bilik khusus yang telah disiapkan.

Setelah warga melaksanakan pencoblosan, kemudian diarahkan mengisi surat suara di tempat yang telah disediakan, dan setelah itu sebelum keluar area TPS, ujung jari kelingking warga akan di tetes oleh petugas dengan tinta ungu dan kemudian diarahkan untuk mencuci tangan di pintu keluar.

Penerapan Protokol Kesehatan secara ketat ini sengaja dilakukan guna mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 yang aman, lancar, sejuk, sehat dan damai, serta tanpa adanya penyebaran wabah Covid-19.(zul/hg)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun