Sabtu, 2 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Belajar dari 1.000 Guru, Sambangi Sekolah Pedalaman Lewat Traveling

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Jumat, 2 September 2016 | 14:15 Tag:
  

Dibentuk pada 22 Agustus 2012 oleh Jemi Ngadiono, komunitas 1.000 guru kini semakin banyak berdiri di berbagai regional. Termasuk Regional Gorontalo yang baru terbentuk di awal tahun ini. Pekan lalu mereka turut merayakan HUT 1.000 Guru yang ke-4.

1.000 GURU GORONTALO merayakannya dengan berpartisipasi dalam kegiatan traveling and teaching (TnT) ke-2 di Desa Mutiara Laut Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara.

Dari 53 peserta yang mendaftar, akhirnya terpilihlah sebanyak 14 orang volunteer untuk mengajar 50 siswa di SDN 3 Tomilito pada 19-21 Agustus 2016.

Peserta TnT 2 kali ini selain dari Gorontalo juga ada yang berasal dari Tim 1.0000 Guru Pusat dan 1.000 Guru Manado. Ditambah lagi, ada sebanyak 4 orang volunteer yang berprofesi sebagai dokter sebagai tim medis.

Kegiatan TnT 2 kali ini berbeda dengan TnT 1. Jika kegiatan TnT 1 seluruh tim dan volunteer menginap di sekolah, maka kegiatan kali ini mengharuskan Tim dan Volunteer berjalan kaki sejauh 10 Km untuk menuju sekolah. Lokasi kegiatan kali ini berada di daerah pesisir.

Lokasi menginap di rumah warga yang ada di Dusun Labuan Dolong, sementara SDN 3 Tomilito berada di lokasi yang berjauhanyaitu di Desa Mutiara Laut. Selesai melakukan sarapan pagi, tim dan volunteer bergegas menuju SDN 3 Tomilito.

Untuk menuju sekolah di pagi hari saat air laut pasang, sebenarnya bisa dilalui dengan speedboat. Tapi kami ingin merasakan bagaimana pengalaman adik-adik melewati perjalanan menuju sekolah.

Tak disangka, medan yang ditempuh adalah hutan, bukit dengan batuan yang terjal, serta hamparan pasir putih di pinggir pantai.

Bagi kami yang terbiasa hidup di kota, mungkin akan mengalami kesulitan melewati bebatuan dan bukit yang cukup terjal selama perjalanan. Namun berbeda dengan para siswa yang dengan lincahnya melompat dari satu batu ke batu yang lain dan meninggalkan kami di belakang.

(Visited 4 times, 1 visits today)

Laman: 1 2 3


Komentar