Bendera Setengah Tiang Selama Tiga Hari untuk Alm. BJ Habibie

Ilustrasi.

Hargo.co.id, JAKARTA – Guna memberi penghormatan yang setinggi-tingginya terhadap putra terbaik bangsa, BJ. Habibie (Presiden ke 3 RI), yang telah wafat pada Rabu (11/09/2019), maka dimohon untuk mengibarkan bendera negara (Merah Putih) setengah tiang selama tiga hari.

Baca Juga: BJ Habibie Meninggal Dunia, Rusli: Mohon Ampuni Dosa-dosa Beliau

Imbauan ini disampaikan Kementerian Sekretaris Negara melalui surat dengan nomor B–1010/M.Sesneg/Set/TU.11/09/2019, tertanggal 11 September 2019. Surat tersebut ditujukan kepada Pemimpin Lembaga Negara, Gubernur Bank Indonesia, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, Pimpinan Lembaga Non Struktural, Pimpinan Lembaga Negara Non Kementerian, Gubernur, Bupati, Walikota, Pimpinan BUMN/BUMD, Serta Kepala Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

Baca Juga: BJ Habibie Wafat, Laga Persipura vs Persija Diawali Mengheningkan Cipta

Isinya yakni, memohon agar mengibarkan bendera setengah tiang selama tiga hari dari 12 hingga 14 September 2019. Selanjutnya, kepada gubernur, bupati dan walikota agar menyampaikan kepada masyarakat.

Ini sudah sesuai dengan Undang-undang RI, Nomor 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa dan lambing Negara. Selama kurung waktu tersebut, ditetapkan sebagai Hari Berkabung Nasional. Surat edaran ini ditandatangani Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. (red)   

-