Sabtu, 6 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Berbagi Ilmu Public Speaking, DAMHIL Gorontalo Hadirkan Choky Sitohang

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial , pada Sabtu, 26 Agustus 2017 | 23:39 WITA Tag: , , , , , ,
  


GORONTALO Hargo.co.id – Berbicara di depan banyak orang bukan suatu hal yang mudah dilakukan. Seni berbicara di depan umum atau yang sering disebut Public Speaking adalah salah satu keahlian yang perlu dimiliki oleh semua orang. Oleh sebab itu penting bagi setiap orang untuk memiliki kemampuan ini.

Hal itu disampaikan Choky Sitohang, Artis dan Presenter/MC kondang sekaligus CEO dari CHOSSI (Choky Sitohang Speaking Incorporation) dalam Exclusive Gala Dinner With Choky Sitohang, Jumat (25/7) malam dan Seminar ‘The Secret Of Public Speaking’ yang digelar oleh TC DAMHIL UniversItas Negeri Gorontalo di DAMHIL Ballroom Hotel, Sabtu (26/7) pagi tadi.

Kegiatan yang diprakarsai oleh TC DAMHIL UNG ini merupakan kegiatan yang berhasil mendulang sukses dengan menghadirkan Choky Sitohang sebagai Narasumber. Dalam Gala Dinner terlihat hadir pula Istri Wakil Gubernur sekaligus Ketua Pengurus (BKOW) Badan Kerjasama Organisasi Wanita dr.Hj.Nurinda Rahim M.sc  yang datang bersama para pengurus juga tamu VVIP dari beberapa instansi di Kota Gorontalo.

BACA  McDonald's Kota Gorontalo Terbakar

Kepada Hargo.co.id dr. Hj. Nurinda Rahim M.sc mengungkapkan bahwa kehadiran publik speaker sekelas Choky Sitohang sebagai narasumber dapat memberikan ilmu pengetahuan tentang cara berkomunikasi yang baik, dan berdampak pada pada perubahan perilaku juga cara komunikasi khususnya bagi ibu – ibu yang tergabung dalam organisasi. ‘Harapan saya organisasi kami yaitu BKOW maupun Dharma Wanita ada perubahan pola pikir, bagaimana cara berkomunikasi dengan masyaakat yang benar’, ucap Nurinda Rahim.

Sesi foto Choky Sitohang dan dr. Hj. Nurinda Rahim bersama pengurus BKOW Prov. Gorontalo usai Exclusive Gala Dinner, Jumat (25/7) di DAMHIL Ballroom. (Foto: Budi Muda/Hargo)

Dalam presentasi  yang dibawakan, Choky tampak sangat ramah dan menarik dengan format round table pada gala dinner, Choky tampil dengan memukau di hadapan undangan VVIP malam itu.

BACA  Workshop LPPD dan Sosialisasi Permendagri 18/2020 Ditutup

Begitu pun saat seminar dan workshop yang digelar siang tadi di hadapan akademisi dan ratusan Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo, pilihan kata yang digunakan, kualitas, serta  bahasa tubuh Choky dalam menyampaikan materi disuguhkan dengan sangat baik.

Choky Sitohang saat menyampaikan materi Seminar ‘The Secret of Public Speaking’ di hadapan ratusan mahasiswa UNG di DAMHIL Ballroom, Sabtu (26/7) siang tadi. (foto: Budi Muda/hargo)

Dalam berkomunikasi, ada lima hal penting yang perlu diperhatikan yaitu relationship atau hubungan, value atau nilai, customer atau pelanggan dan royalty, Ungkap Choky.

Tidak hanya itu, menurut Choky ada beberapa hal penting juga yang harus dimiliki seseorang saat melakukan publik speaking yaitu fokus. Dengan fokus kita tidak akan terganggu dengan gangguan di sekitar kita.

Choky Sitohang saat menyampaikan materi Seminar ‘The Secret of Public Speaking’ di hadapan ratusan mahasiswa UNG di DAMHIL Ballroom, Sabtu (26/7) siang tadi. (foto: Budi Muda/hargo)

Selain Fokus, Choky juga menyampaikan bahwa pentingnya untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan public speaking. Jangan nekat, semua butuh persiapan, hal inilah yang akan membuat kita percaya diri saat berbicara di depan banyak orang, jelasnya.

BACA  Kampung Tangguh, Cegah Penyebaran Covid-19

Kepada Hargo.co.id, Choky pun sempat memberikan kesannya tentang Gorontalo. Dirinya sangat senang dapat kembali kedua kalinya ke daerah ini dan dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat Gorontalo. Sebagai daerah yang berkembang, Choky mengharapkan agar masyarakat  Gorontalo dapat beradaptasi dengan perubahan yang begitu pesat khususnya dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat berkomunikasi dengan benar.

Sementara itu, General Manager TC DAMHIL UNG, Fredy Ali mengharapkan agar seminar ini diharapkan dapat membawa perubahan pada karakter masyarakat Gorontalo, khususnya bagi mahasiswa untuk lebih mudah membangun jati diri setelah mengikuti kegiatan ini.

General Manager TC DAMHIL UNG Fredy Ali (dua dari kanan) bersama crew. (foto: Budi Muda/hargo)

‘Tujuan dari kegiatan ini kami buat adalah agar mahasiswa memiliki karakter yang lebih baik, pada umumnya agar mereka dapat membangun jati diri mau seperti apa mereka kedepan’, tandasnya.

(bud/hg)

 


Komentar