Sabtu, 17 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Berbenah pada 2019, Kabgor Layak Sandang ‘Kota Layak Pemuda’

Oleh Berita Hargo , dalam Kab. Gorontalo , pada Selasa, 13 November 2018 | 22:33 WITA Tag:
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Ketua Karang Taruna Kabupaten Gorontalo (Kabgor) Sofyan Ishak, mengharapkan pada 2019 nanti, pemerintah daerah mulai melakukan pembenahan menuju daerah Layak Pemuda. , sehingga diharapkan 2020 dapat ditetapkan sebagai Kota Layak Pemuda.

Penegasan Sofyan Ishak tentu bukan tidak beralasan. Menurutnya, sejauh ini eksistensi kaum muda di Kabgor dalam mengembangkan potensi dan kemampuannya melalui berbagai sektor, banyak ditemui di daerah ini.

“Kami di Karang Taruna misalnya, semenjak 2016, dari kondisi organisasi karang taruna yang mati suri. Namun dengan berbagai upaya dan terobosan yang kami pengurus Karang Taruna Kabupaten, untuk menggairahkan kembali semangat kemandirian karang taruna, Alhamdulillah sudah bisa dilihat bagaimana geliat warga karang taruna diberbagai pelosok Kabupaten Gorontalo, yang memberi warna  dan dinamika yang sangat dinamis bagi daerah ini,” tegasnya.

BACA  Program 'Kota Layak Anak' Tanggung Jawab Bersama

Belum lagi dengan organisasi kepemudaan lainnya yang ada di Kabupaten Gorontalo.

Dirinya berharap, Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang terkait dengan masalah kepemudaan bisa memperhatikan kondisi ini, dan kemudian bersatu padu dengan organisasi kepemudaan yang ada didaerah ini untuk menetapkan Kabupaten Gorontalo sebagai Kota Pemuda.

“Dengan adanya penetapan ini, maka tentu  semangat kaum muda yang selama ini bangkit dan belum terorganisir dengan baik, akan menjadi solid dan tentu ini menjadi sebuah kekuatan tersendiri bagi daerah untuk bisa maju dan berkembang. Apalagi Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, memberi perhatian lebih bagi berbagai inovasi dan karya kaum muda di Kabupaten Gorontalo,” tegasnya.

BACA  Adat adalah Jati Diri Bangsa yang Berbudaya

Lebih lanjut menurut mantan Presiden BEM Universitas Gorontalo ini, untuk bisa menjadikan Kabupaten Gorontalo menjadi Kota Layak Pemuda, Pemerintah daerah tentu diharapkan dapat memberi ruang atas lahirnya regulasi tentang kepemudaan yang kemudian didukung dengan, fasilitas, dan kemudahan akses untuk para pemuda beraktivitas, berwirausaha serta mengembangkan bakat.

“Peraturan Pemerintah (PP) 66/2017 tentang fasilitas pelayanan kepemudaan sehingga sekarang pelibatan pemuda sebagai subjek program bukan semata tanggung jawab Kemenpora sebagai penanggung jawabnya, tapi juga kementerian, lembaga lain dan masyarakat seluruhnya, tentu ini menjadi dasar pijakan untuk kemudian melahirkan turunan regulasi dalam bentuk perda,” katanya.

Sofyan menambahkan, desain kabupaten Gorontalo ditahun 2020 menjadi Kota Layak Pemuda tentu adalah sebuah kondisi yang dapat menjawab kondisi kaum muda beberapa waktu kedepan, dimana menurut banyak pihak menegaskan Indonesia beberapa tahun kedepan akan  mengalami bonus demografi dengan membludaknya jumlah pemuda.

BACA  Fory Naway Ungkap Pentingnya Data Penyandang Disabilitas

“Hal ini tentu boleh jadi menjadi sebuah keuntungan atau juga kemudian menjadi bencana bagi Indonesia,  Sehingga dengan regulasi-regulasi saat ini, diarahkan oleh pemerintah untuk membuka jalan bagi anak muda untuk memacu kreatifitas, kemampuan hingga membuka jaringan pasar demi daya saing pemuda itu sendiri di kemudian hari. Saya pun melihat berbagai daerah di Indonesia mulai mempersiapkan diri menghadapi bonus demografi tersebut, dan saya sebagai komponen kaum muda di Kabupaten Gorontalo, berharap daerah ini juga bisa berbenah menuju Kota Layak Pemuda,” tutupnya. (ded/hg)


Komentar