Rabu, 18 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Berbisnis dari Sisa Uang Jajan 

Oleh Berita Hargo , dalam Ragam , pada Rabu, 15 Agustus 2018 | 09:00 Tag: ,
  

Hargo.co.id  – HASRAT tak ingin menambah beban orang tua, Sitty Fadhilla Fitrianty Lahay akhirnya termotivasi untuk membuka bisnis kecil-kecilan via online. Tapi siapa sangka, berawal dari situ dia mampu membiayai kebutuhannya sendiri bahkan hingga membuat usaha online shopping miliknya kian berkembang.

“Waktu itu aku mau nambah uang jajan, tapi tidak enak hati kalau terus-terusan minta ke orang tua. Walaupun orang tua tetap saja ngasih sih, hehe. Awalnya aku jualan baju, tas, sepatu. Terus aku coba pakai skincare dan orang-orang pada bertanya aku itu pakai skincare seperti apa. Jadi ya sudah sekalian saja aku jualan skincare. Alhamdulillah-nya, orangtua sangat mensupport aku buka online shopping,” ungkap gadis yang akrab disapa Fitri ini.

Perempuan kelahiran 15 Maret 1994 ini pun membuktikan bahwa untuk memulai bisnis tidak perlu dengan modal besar dan tidak selalu berlatarbelakang anak dari pebisnis.

“Aku buka bisnis online shopping dari Kelas 3 SMA, lebih tepatnya tahun 2011. Dan modal awal aku buka bisnis ini dari sisa uang jajan sekolah. Backgroundnya sih anak IPA dan kuliahnya juga ngambil jurusan kesehatan. Tapi tidak tahu kenapa aku ngerasa passion aku itu di bisnis,” jelasnya.

Anak pertama dari pasangan Nunu Dahlan Lahay dan Aisyah Duludu ini turut membagikan suka duka yang pernah dirasakannya saat menjalankan online shopping.

“Aku udah pernah ketipu berjuta-juta rupiah dari supplier abal-abal. Terus pernah dipandang sebelah mata, terlebih saat kuliahku sudah selesai dan waktu itu kurang lebih selama tiga bulan aku lebih fokus ngurus online shopping dan belum mau cari kerja.

Dan yang paling nyebelin kalau ada orang ngomongnya, sarjana kok cuma jualan? Rugi dong sarjananya. Sampai akhirnya aku memutuskan untuk mencari kerja. Biar ada kesibukan selain menjalankan online shopping,” tutur gadis yang pernah menyabet gelar TOP 5 Putri Saronda tahun 2014 ini.

Diakhir wawancaranya, pemilik akun Instagram @fitrylahay ini memberikan tips dan trik bagi siapa saja yang ingin menjalankan sebuah bisnis.

“Kuncinya adalah berdoa, berusaha dan minta ridho orang tua. Ini udah aku terapin dari dulu sampai sekarang. Up and down dalam bisnis sudah pasti ada dan kalau pengin terjun ke bidang ini kita sudah harus siap dengan segala konsekuensinya.

Tidak perlu memusingkan apa kata orang. Dan percaya deh, berbisnis itu super enak! Karena pendapatan per bulan bisa kita atur sendiri. Bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Bisa menambah jejaring pertemanan. Dan paling terakhir, dengan berbisnis kita bisa mengatur keuangan kita,” tutup Fitry.(tr63/gp/hg)

(Visited 7 times, 1 visits today)

Komentar