Senin, 21 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Berdasarkan Sidang Isbat, Senin 12 September Ditetapkan Hari Idul Adha

Oleh Fajriansyach , dalam Headline Kabar Nusantara , pada Jumat, 2 September 2016 | 08:25 WITA Tag: , ,
  


Hargo.co.id – Pemerintah menetapkan bahwa awal Zulhijjah atau Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah jatuh pada, Senin 12 September 2016.

Penetapan ini berdasarkan sidang isbat yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin di Kementerian Agama, Kamis (1/9).

BACA  Ini Dia Cara Tepat Pengemasan Produk Makanan UMKM untuk Pengiriman Jarak Jauh

“Jadi Idul Adha sekali lagi diputuskan jatuh pada hari Senin tanggal 12 September 2016,” ujar Lukman saat memberikan keterangan pers.

Sidang isbat dilakukan oleh Tim Badan Hisab Rukyat Kemenag di mana, posisi hilal secara astronomis berkisar antara -1 derajat 13 menit, 29 detik sampai 0 derajat 5 menit 58 detik.

BACA  Thariq Modanggu Duga Ada Kesalahan Prosedur pada Pembayaran TKD

Menurut Lukman, kesepakatan sidang isbat dibuat berdasarkan dua hal, yaitu perhitungan hisab dan metode rukyat berdasarkan laporan petugas yang melakukan pengamatan. Karenanya dengan laporan dari petugas dari seluruh wilayah di tanah air posisi hilal sulit untuk dilihat.

BACA  Mantan Menteri Luar Negeri Mochtar Kusumaatmadja Meninggal

“Itu artinya posisi hilal berada di bawah ufuk dan itu namanya adalah secara hitungan hisab, hilal sulit atau bahkan mustahil bisa dilihat,” katanya.

Laman: 1 2


Komentar