Selasa, 29 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Berikut Data Kerugian dan Korban Banjir di Bulawa

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Headline Kab. Bone Bolango , pada Kamis, 10 September 2020 | 01:05 WITA Tag:
  Kondisi rumah warga di Kecamatan Bulawa, Bone Bolango pasca diterjang banjir bandang Senin (07/09/2020). (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Banjir Bandang yang melanda 9 Desa di Kecamatan Bulawa, Kabupaten Bone Bolango pada Senin (07/09/2020) menyisakan duka dan banyak kerugian materi maupun infrastruktur.

Sesuai data yang disampaikan oleh Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma kepada Hargo.co.id, dari 9 Desa yang dilanda banjir bandang itu, 7 Desa diantaranya merupakan Desa terparah yang terkena dampak kerusakan akibat dari banjir bandang itu.

Sebanyak 7 desa itu diantaranya Desa Pinomontiga, Kaidundu Barat, Kaidundu, Mopiya, Dunggilata, Mamungaa, dan Mamungaa Timur, dengan total penduduk yang terdampak sebanyak 2.510 jiwa.

BACA  BPPHLHK Komit Cegah Kerusakan Lingkungan Hidup

Sekda Ishak Ntoma menjelaskan, akibat dari banjir bandang itu juga menyebabkan ada banyak kerugian materil yang dialami warga maupun pemerintah setempat.

“Untuk rumah yang hanyut ada sebanyak 10 unit di 1 desa, rumah yang rusak berat ada sebanyak 63 unit di 4 desa, pipa air bersih (PAB) yang rusak ada 4 unit di 4 desa, Kantor Desa yang terendam lumpur ada 2 unit di 2 desa, beronjong di bantaran sungai ada 5 unit yang rusak di 5 desa,” jelas Ishak Ntoma.

Lanjut Sekda menerangkan, selain itu Infrastruktur pemerintah lainnya yang terdampak musibah banjir bandang itu juga terdiri dari fasilitas umum.

BACA  Sekda Harap, Pokja PKP Ciptakan Sinergitas antar Sektor

“Pagar besi yang roboh sudah tak terhitung di 6 desa, lampu penerangan jalan yang hanyut ada 5 unit di 6 desa, akses Jalan Trans Sulawesi di 1 desa rusak, drainase yang rusak berat di 3 desa, jalan rabat beton yang rusak berat di 3 desa, mesjid di 3 desa juga ikut terendam lumpur, Jalan akses pemukiman di 2 desa rusak berat, jembatan beton yang hanyut 1 unit di 1 desa, 1 Pustu di 1 desa terendam lumpur, dan 2 sekolah di dua desa tergenang lumpur,”terang Ishak Ntoma.

BACA  Begini Kondisi Terkini Warga Terdampak Banjir Bandang di Bone Pesisir

Musibah banjir bandang itu juga mengakibatkan banyak warga yang kehilangan dan kerusakan perabot rumah, alat elektronik dan kendaraan roda dua bahkan ada 2 mobil yang tergenang lumpur dan hanyut yang sampai saat ini belum ditemukan dan diduga telah telah hanyut hingga kelaut.

Ishak Ntoma juga menambahkan, pihaknya telah melakukan upaya-upaya penanganan bersama dengan pihak terkait lainnya dalam hal pendirian posko darurat, memberikan bantuan perbaikan jalan dan jembatan, serta bantuan makanan dan minuman juga air bersih bagi warga terdampak banjir bandang.(zul/hg)


Komentar