Senin, 14 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Beringin Muda Gorontalo Menang pada Tiga Suksesi

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline Kabar Politik , pada Selasa, 28 Juli 2020 | 00:18 WITA Tag: ,
  Dari kiri ke kanan: Ketua DPD II Partai Golkar Boalemo, Lahmudin Hambali, Ketua DPD II Partai Golkar Pohuwato, Nasir Giasi dan Ketua DPD II Partai Golkar Bone Bolango, Zainudin Pedro Bau. (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Ada yang menarik Musda DPD II Partai Golkar di tiga daerah, yakni figur yang terpilih masih tergolong muda. Nampaknya Beringin Muda berhasil menang pada tiga suksesi.

Perlu disampaikan bahwa sejak 22 Juli 2020 lalu, Partai Golkar telah memulai suksesi di level kabupaten/kota. Kabupaten Pohuwato yang pertama mendapat giliran dan menghasilkan Nasir Giasi sebagai ketua melalui aklamasi.

Selang dua hari berikutnya, Musda DPD II kembali dilanjutkan di Boalemo. Hasilnya sama, yakni pemenang ditentukan secara aklamasi dan Lahmudin Hambali kembali menempati posisi Ketua DPD II Partai Golkar Boalemo.

Suksesi kembali dilanjutkan pada 26 Juli 2020 di Bone Bolango. Sebagai petahana, Zainudin Pedro Bau nampaknya masih dipercaya oleh kader dan berhasil terpilih secara aklamasi.

BACA  Rp 5 Miliar Dana PEN di Kabupaten Gorontalo untuk ‘Sirkuit Sang Profesor’

Jika melihat usia nama-nama di atas, nampaknya kubu Partai Golkar untuk level DPD II lebih memunculkan figur muda. Nasir Giasi misalnya, lahir pada 1978 dinilai masih muda. Demikian halnya Lahmudin Hambali yang lahir pada 1976, dan Zainudin Pedro Bau yang lahir pada 1982. Ketiganya juga menduduki posisi unsur pimpinan di DPRD Pohuwato, Boalemo dan Bone Bolango.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Provinsi Gorontalo, Ghalib Lahidjun, mengaku jika itu hanya kebetulan saja. Artinya, tak ada settingan agar yang terpilih adalah tokoh muda Partai Golkar.

“Yang terjadi di Musda mengalir seperti air, dan sesuai keinginan kader di wilayah masing-masing,” katanya singkat.

BACA  Indra Yasin Tekankan Soal Loyalitas Pejabat di Gorontalo Utara

Lalu bagaimana dengan Musda Partai Golkar di Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo dan Gorontalo Utara? Apakah kelak kader di wilayah masing-masing lebih memilih dipimpin oleh Beringin Muda? Nampaknya mengarah ke situ.

Buktinya, pada Musda DPD II Partai Golkar Gorontalo Utara yang sedianya digelar 8 Agustus 2020, peminatnya juga dari kalangan anak muda. Ada tiga nama yang diwacanakan akan tampil pada suksesi tersebut yakni Hamzah Sidik, Rina Polapa dan Zulfikar Usira.

Usia ketiga nama tersebut juga masih terbilang muda. Hamzah Sidik lahir 1982 dan kini duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara. Para periode sebelumnya, Hamzah Sidik terdaftar sebagai anggota DPRD Provinsi Gorontalo.

BACA  Inspektorat Dan BPKP Tandatangani Rencana Aksi Pengawasan

Selanjutnya, Rina Polapa lahir pada 1980 dan kini duduk sebagai Ketua Komisi I DPRD Gorontalo Utara. Srikandi dari Dapil Atinggola-Gentuma ini, sudah dua periode terpilih sebagai legislator di Gorontalo Utara.

Figur terakhir yang juga akan ikut suksesi pada Musda DPD II Partai Golkar Gorontalo Utara yakni Zulfikar Usira yang lahir pada 1977. Loyalitas kader yang akrab disapa Borju ini, tak perlu diragukan lagi. Dia juga kini sebagai menggeluti bisnis properti.

Sementara itu, Musda di DPD II Partai Golkar Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo akan digelar pada 28 dan 29 Agustus 2020. Belum diketahui secara pasti siapa-siapa saya yang akan tampil pada dua suksesi tersebut. (jdm/hg)


Komentar