Kamis, 21 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Berkarya lewat Music DirectorÂ

Oleh Berita Hargo , dalam Post , pada Kamis, 24 Agustus 2017 | 17:03 PM Tag: , ,
  

hargo.co.id – Zetizen pernah membayangkan tidak bagaimana nonton film horor tanpa suara/musik yang pas? tentu tidak akan menegangkan dan tidak akan membuat Zeizen ketakutan bukan? yup, visual yang baik harus didukung dengan audio yang apik lho Zetizen. Nah, disitulah peran seorang Music Director, karena dialah yang bertugas untuk memberikan backsound atau instrumen yang pas.

Eits, sebelumnya Zetizen mungkin masih bertanya-tanya, Music Director itu apa sih? Hmm, jika dilihat dari namanya, sudah pasti profesi ini berhubungan langsung dengan musik bukan?. Nah, Zetizen pernah nggak mengamati sebuah lagu yang Zetizen sukai? Apakah Zetizen merasakan feel dari tiap lagu yang dimainkan? Music Director adalah aktor dibalik itu semua. Dialah yang mengatur semua bentuk nada yang ada dalam sebuah musik. Sama halnya dengan film horor maupun film romance atau video lain yang menggunakan musik instrumen.

Nah, bicara soal Music Director (MD), kenalan yuk sama salah satu MD yang ada di Gorontalo. Sudah siap kenalan? ini dia “Abd. Hamied Dumako”. Pria kelahiran tahun 1994 ini sudah menjajal menjadi seorang MD sejak tahun 2011 lho Zetizen. Wah sudah terhitung lama ya? berarti karyanya sudah terbilang banyak dong.

Yup, pria pemilik akun Instagram @MisterHamied ini mengaku sudah membuat banyak instrumen musik. Bahkan tidak sedikit orang-orang yang membutuhkan jasanya untuk dibuatkan instrumen musik. Seperti seseorng yang sudah punya lirik lagu namun belum punya musiknya, atau seseorang yang membuat video atau film namun juga belum memiliki backsoundya. Dari membuat instrumen musik itu pula, yang semula hanya passion semata, kini telah menghasilkan rupiah buat Hamied lho Zetizen.

“Awalnya hanya bisa bermain alat musik gitar, tapi sejak menekuni bidang Music Director ini saya menjadi bisa memainkan alat musik yang lain seperti drum dan piano.” ujar Hamied yang juga berkuliah di Universitas Ichsan Gorontalo Jurusan Akuntansi.

Nah, saat berkunjung langsung ke Graha Pena Gorontalo Post, Hamied juga menceritakan dan memberikan beberapa tips untuk bisa menjadi seorang Music Director lho Zetizen. Apa aja? simak ya.

Harus Punya Niat 

Niat itu penting banget lho Zetizen. Yap, Hamied sendiri mengaku bahwa ia memang berniat menjadi seorang Music Director. Niat itu dibuktikan dirinya dengan membeli Keyboard Controller, sebuah alat yang dapat menunjang aktivitasnya dalam membuat instrumen musik.

Harus Kreatif 

Yup, tidak bisa dipungkiri bahwa selain niat, kreatifitas juga merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Why? karena Hamied sendiri mengatakan bahwa untuk menjadi seorang MD tidak harus benar-benar jago memainkan semua alat musik. Melainkan harus mengerti soal musik itu sendiri. Nah, kreatifitas yang dimasksudkan bagi seorang MD misalnya ialah menciptakan sebuah musik dari alat-alat yang ada selain alat musik, misalnya seperti gagang pintu dan juga gemericik air.

Mengekspresikan Perasaan 

Dalam membuat musik, Hamied bilang perasaan atau mood sangatlah membantu dan berpengaruh. Misalnya ketika sedah sedih maka akan mudah untuk membuat Instrumen musik sedih, begitu juga ketika sedang bahagia. Bagi Hamied, dalam menciptakan sebuah istrumen musik ia bisa menciptakan 1-3 istrumen dalam waktu satu hari.

Kepuasaan Tersendiri 

Dapat menciptakan sebuah karya tentu merupakan kepuasan tersendiri bagi siapa saja. Begitu juga dengan Hamied. Ia mengaku senang ketika karya yang diciptakannya telah selesai secara utuh. Bahkan kini Hamied tengah mempersiapkan sebuah album yang berisi karya-karya istrumen musiknya sendiri . ( ZT-08/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar