Minggu, 26 Juni 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Berkat Jualan Buket, Wanita Asal Kendari Ini Bisa Raup Jutaan Rupiah

Oleh Admin Hargo , dalam Bisnis Ekonomi , pada Jumat, 24 Juni 2022 | 08:35 Tag: , , , ,
  Salah satu pembeli yang datang langsung ke lapak jualan buket milik Dian Restyani yang terletak di perum Graha Aziziyah, blok L20, Telaga Jaya, Gorontalo. (Foto: Delanti Hapati/Mahasiswa Magang UNG)

Hargo.co.id GORONTALO – Pelaksanaan wisuda pada sebuah perguruan tinggi tidak hanya menjadi momen penting bagi para calon wisudwawan. Ya, sebuah proses sakral bagi mahasiswa ini juga menjadi momen yang tak kalah penting untuk memperoleh penghasilan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya pedagang buket bunga.

Dian Restyani misalnya. Mahasiswi akhir jurusan Sendratasik Universitas Negeri Gorontalo (UNG) ini bisa meraup keuntungan hingga Jutaan rupiah berkat jualan buket bunga saat wisuda.

“Dengan jualan buket bunga, saya mampu meraup omset jutaan rupian. Kisaran Rp. 1,5 juta sampai Rp. 5 Juta,” ucap Dian ketika diwawancarai, Kamis (2/6/2022).

Sebelum menjadi pengusaha buket bunga, Dian terlebih dahulu menjadi reseler pada 2018 silam. Di tahun berikutnya, Dian mulai menjalan usaha sendiri dengan bermodalkan Rp. 200.000.

“Awalnya itu saya masih jadi reseller sama teman satu kampus dan belum punya lapak sendiri, masih di kos. Nah, di tahun 2019 itu saya sudah mulai buat usaha sendiri dan juga sudah punya brand,” tandas Dian.

Untuk menjadi sukses, Dian seperti pelaku usaha lainnya. Tidak sedikit kendala yang ia hadapi. Mulai dari keluhan pelanggan, hingga modal untuk memenuhi kebutuhan bahan membuat buket bunga. Namun, dengan semangat juang yang tinggi, Dian akhirnya bisa melewati berbagai kendala apapun yang dihadapi.

“Awal buka usaha ini juga lumayan banyak kendala. Dari pembelian bahan dan alat yang dibutuhkan kurang, keluhan dari pembeli yang tidak sesuai keinginan mereka dan masih banyak lagi. Tapi saya masih tetap bersyukur,” ucap Dian.

Kini Dian yang menamai usahanya Satya_buket.gto itu, semakin sukses. Bahkan, dari usahanya, Dian bisa membantu ekonomi keluarganya.

Buket bunga yang dijual pun semakin beragam. Ada buket bunga hias, snack, boneka karekter, dan foto. Untuk harganya pun bervariasi berdasarkan jenis dan ukuran yang sudah tersedia dan sesuai keinginan para pembeli. Mulai dari Rp 25 ribu sampai dengan Rp 50 ribu ukuran kecil dan Rp.150 Ribu dan Rp. 250 ribu ukuran besar.

“Untuk harganya itu juga beda-beda, ukuran kecil dari harga Rp.25 ribu sampai Rp. 50 ribu, kalau ukuran besar Rp. 150 ribu sampai Rp. 250 ribu itu jenis buket bunga dan snack. Sedangkan yang buket uang itu pernah sampai 2 juta” jelas Dian.

Dian berharap semoga usaha yang ia rintis tersebut, berjalan dengan lancar dan bisa terus meningkatkan taraf hidup keluarga, serta bisa memotivasi mahasiswa lain yang ingin memulai usahanya. (*)

Penulis: Delanti Hapati/Mahasiswa Magang UNG

(Visited 103 times, 3 visits today)

Komentar