Senin, 18 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Berkat Robot-robot Keren Ini, Mahasiswa Bisa Tetap Wisuda

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Dunia , pada Selasa, 12 Mei 2020 | 06:05 AM Tag: , ,
  Pria Ini akhirnya wisuda di tengah virus corona. Foto: New York Post

Hargo.co.id, ARIZONA – Impian Juili Kale untuk menerima gelar magister dalam sebuah upacara wisuda batal total gara-gara pandemi Corona.

Beruntunglah pria ini diselamatkan oleh sebuah robot yang membantunya dan akhirnya bisa wisuda. Lantas bagaimana kisahnya?

Seperti yang dilansir jpnn.com, Kale merupakan mahasiwa Arizona State University. Dia telah merencanakan acara kelulusan selama berbulan-bulan. Orang tua dan saudara laki-lakinya bahkan siap terbang dari India untuk tiba di Phoenix, Amerika Serikat.

Namun pada Maret 2020, pandemi virus corona membuat rencana yang sudah disusun secara rapih berantakan.

Kampus harus ditutup seiring kebijakan pemerintah AS guna memutus penyebaran virus corona.

Upacara kelulusan memang tetap dilangsungkan. Namun, formatnya serba digital. Kamera merekam Kale dan sekitar 140 rekan lulusan yang tampak mengenakan jubah kelulusan dan topi mortar.

Mereka bergiliran menggerakkan robot yang dikendalikan dari jarak jauh di podium di universitas dengan layar setinggi mata yang menunjukkan wajah mereka. Melalui robot, mereka menerima ijazah dan berfoto.

Robot pra-pandemi dari Double Robotics, yang berbasis di Burlingame, California, AS telah digunakan untuk memungkinkan siapapun muncul di pernikahan atau pemakaman tanpa bepergian.

“Saya merasakan pengalaman yang inovatif dan kreatif,” kata Douglas Northcott, lulusan Magister Kepemimpinan dan Manajemen Terapan seperti dikutip dari New York Post, Senin (11/5).

Robot memang banyak digunakan untuk membantu manusia selama pandemi virus corona. Misalnya pihak restoran siap saja juga menggunakan robot untuk mengantar barangnya.

Kemudian Singapura juga mengunakan robot anjing besutan Boston Dymamics berkeliling di taman Singapura untuk membantu petugas menegakkan aturan social dan physical distancing.(mg9/jpnn/hg)

 

 

 

 

 

*) Artikel ini telah diterbitkan oleh jpnn.com dengan judul yang sama. Pada edisi Senin, 11 Mei 2020.
(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar