Selasa, 27 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Berombak Kencang, Nelayan Takut Melaut

Oleh Fajriansyach , dalam Headline Metropolis , pada Selasa, 25 Juli 2017 | 09:05 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id Gorontalo – Saat ini para nelayan di Gorontalo ogah melaut. Ini lantaran cuaca yang kurang bagus, dimana ombak terlalu tinggi sehingga membuat para nelayan khawatir akan keselamatan mereka.

Pantauan Gorontalo Post, para nelayan yang ada di Desa Inengo, Kabupaten Bone Bolango misalnya, rata-rata memarkir perahu mereka karena cuaca di laut masih kurang bersahabat. Meski demikian, sebahagian nelayan lainnya tetap melakukan aktifitas mereka untuk mencari ikan, namun mempergunakan kapal yang agak besar.

BACA  Pemprov Gorontalo Siapkan Rp 1 Miliar untuk Lahan Secaba

Zein Abdul Kadir salah seorang masyarakat nelayan yang ada di Desa Inengo ketika diwawancarai menjelaskan, saat ini ombak cukup besar dan banyak masyarakat yang enggan turun untuk melaut.

BACA  Aksi Demo Omnibus Law di Gorontalo Berakhir Ricuh

Tapi kalau ada kapal besar, termasuk nelayan yang sering melakukan aktifitas pukat, maka mereka tetap turun melaut. “Iya pak, masih kurang bersahabat cuaca. Kalau perahu kecil, rata-rata terparkir karena tidak mau mengambil resiko,” ungkapnya.

Ditambahkan pula oleh Zein Abdul Kadir didampingi sejumlah rekannya, dampak dari banyaknya nelayan yang tidak turun melaut bisa dirasakan dari harga ikan yang cukup mahal. Untuk ikan Oci saja, Rp 10 ribu hanya bisa mendapatkan 3 hingga 4 ekor saja. “Kalau biasanya, Rp 10 ribu sudah bisa kami jual dengan jumlah 6 hingga 7 ekor pak. Semoga kondisi seperti ini cepat berlangsung, agar para nelayan bisa melaut lagi,” pungkasnya. (kif/hg)

BACA  Pemprov Gorontalo Masuk Tiga Besar Nasional Realisasi Belanja APBD

Komentar