ramadan2024

Bersih 1001 Masjid, Bersuci Sambut Ramadan

×

Bersih 1001 Masjid, Bersuci Sambut Ramadan

Sebarkan artikel ini
BERSIH MASJID: Sejumlah anggota Perkumpulan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Surabaya, bersama-sama membersihkan masjid Muhammad Cheng Hoo dalam acara Bersih-Bersih 1001 Masjid, Selasa (16/5). Foto Andy Satria/Radar Surabaya/JPNN.com

Hargo.co.id SURABAYA – Ramadan segera datang. Beragam kegiatan mulai dilakukan, seperti yang terlihat di Masjid Muhammad Cheng Ho, Selasa (16/5) dengan aksi bersih 1001 masjid.

badan keuangan

Puluhan orang tampak sibuk dengan sapu, kemoceng dan alat pel. Mereka tampak serius membersihkan masjid setiap sudut masjid.

“Ini dilakukan agar masjid lebih bersih. Sehingga membuat ibadah jamaah selama Ramadan bisa makin khusyu,” ujar Ketua Harian Yayasan Masjid Cheng Ho Surabaya, Muhammad Hasan seperti yang dilansir Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Rabu (17/5).

Example 300250

Bersih-bersih kali ini tak sembarangan. Sebab, hampir semua bagian masjid dibersihkan.

Mulai dari tempat wudhlu, pelataran hingga bagian dalam masjid. 30 orang yang merupakan para jamaah tampak cekatan.

Bahkan, proses bersih-bersih juga dilakukan serentak di 1001 masjid lainnya di Indonesia.

Ramadhan 2024

Pada saat bulan Ramadan nanti masjid memang akan lebih ramai dibandingkan hari biasa.

Hal ini karena kegiatan ibadah di masjid akan lebih sering dan lebih banyak jamaah yang datang dibandingkan hari biasa.

Seperti solat tarawih, tadarus, maupun jamaah solat lima waktu.

“Sangat tepat sekali menyiapkan masjid yang bersih dan indah untuk membuat jamaah nyaman dan bisa khusyu beribadah,” lanjutnya.

Hal itu diapresiasi oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia Jatim, M Roziki. Ia menjelaskan, dalam kegiatan ini, Jatim kebagian 191 masjid. Dari jumlah tersebut, 81 masjid diantaranya ada di Surabaya.

“Kegiatan ini luar biasa. Sangat menginspirasi. Saya juga salut bagi para jamaah yang ikut membersihkan masjid. Balasanya sangat besar nanti di akhirat,” ucapnya. (hg/gus/nur)



hari kesaktian pancasila