Bersihkan Jeroan, Warga Rame-rame ke Jembatan Talumolo

Kawasan Jembatan Talumolo II ramai dengan aktivitas warga yang membersihkan jeroan ternak kurban yang disembellih saat perayaan Idul Adha 1440 H, Ahad (11/08/2019). (Foto: Natha/Gorontalo Post)

Hargo.co.id, GORONTALO – Keramaian suasana Idul Adha 1440 H di Kota Gorontalo tidak saja terlihat di masjid-masjid. Di sekitar kawasan jembatan, para warga ramai-ramai membersihkan jeroan (isi perut) sisa pemotongan hewan kurban. Seperti tampak di sekitar Jembatan Talumolo II, Kota Gorontalo Ahad sore (11/8).

Pantauan media ini, di titik kawasan jembatan Talumolo II, banyak warga yang turun ke areal sungai. Bukan untuk mandi-mandi, tetapi hendak membersihkan jeroan sapi yang telah disembelih di masjid sekitar. Yang terlibat tidak saja orang dewasa. Remaja dan anak-anak juga ikut membawa jeroan yang diambilnya dari tempat pemotongan untuk dicuci di air sungai.

“Seusai memotong hewan kurban, kan jeroannya di kasih ke kita. Jadi kita perlu bersihkan. Memang setiap tahun disini tempat kita untuk mencucinya. Airnya tidak perlu di timba,” kata Alex Rauf (40).

Alex bukan warga di Kelurahan Talumolo. Dia datang bersama rekan-rekannya dari Kelurahan Wongkaditi, Kecamatan Timur. Menurut Alex, banyak jeroan yang dikumpulkannya bersama teman-teman. Bila harus dicuci menggunakan air sumur atau keran, proesnya agak sulit. Lebih mudah di bawah untuk di cuci di aliran sungai.

“Ada dua karung yang kita bawa kemarin. Nanti setelah kita bersihkan, sebagiannya akan kita bagi ke saudara dan tetangga lainnya. Jeroan ini enak untuk di masak menjadi menu soto kare,” ujarnya. (gp/hg)

-